ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU BUANG AIR BESAR (BAB) SEMBARANGAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Jambon Kabupaten Ponorogo)

EMA SURYANINGTIAS, 101311123113 (2016) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU BUANG AIR BESAR (BAB) SEMBARANGAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Jambon Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. halaman depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
13. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
18. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7)
19. BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
21. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Buang Air Besar Sembarangan adalah suatu tindakan membuang tinja di ladang, hutan, sungai, maupun area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air. Permasalahan pembuangan tinja menjadi perhatian kesehatan lingkungan. Pembuangan tinja yang tidak sanitasi dapat menyebabkan berbagai penyakit, sehingga perilaku buang air besar sembarangan harus dihentikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik individu dan lingkungan sosial terhadap perilaku buang air besar sembarangan di wilayah kerja Puskesmas Jambon Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian merupakan sebagian ibu rumah tangga sebesar 100 ibu rumah tangga. Variabel bebas yang diteliti adalah karakteristik individu yang meliputi usia, tingkat pendidikan, status ekonomi, jumlah anggota keluarga, pengetahuan tentang buang air besar di jamban dan sikap tentang buang air besar di jamban. Lingkungan sosial meliputi dukungan sosial, sanksi sosial dan pembinaan petugas. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi spearman dan regresi logistik untuk mengetahui kuat hubungan antar variabel. Hasil penelitian dari uji korelasi spearman diketahui faktor yang berhubungan terhadap perilaku buang air besar sembarangan yaitu usia (p = 0,001), tingkat pendidikan (p = 0,000), status ekonomi (p = 0,000) dan pengetahuan tentang buang air besar di jamban (p = 0,011). Dari hasil uji regresi logistik diketahui faktor yang berhubungan paling dominan yaitu status ekonomi (p = 0,001). Kesimpulan penelitian adalah status ekonomi sebagai faktor dominan yang berhubungan terhadap perilaku buang air besar sembarangan. Untuk mengurangi perilaku buang air besar sembarangan dapat dilakukan pembentukan arisan jamban sehat untuk membantu masyarakat yang belum mampu membeli jamban karena keterbatasan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FKM.66/16
Uncontrolled Keywords: karakteristik individu, lingkungan sosial, perilaku buang air besar sembarangan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
EMA SURYANINGTIAS, 101311123113UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Soedjajadi Keman,, dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:29
Last Modified: 22 Apr 2016 06:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29777
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item