Analisis Penerimaan Reference Management Software Zotero Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Studi Deskriptif Tentang Reference Management Software Zotero Menggunakan Komponen Technology Acceptance Model)

Moch Fikriansyah Wicaksono (2015) Analisis Penerimaan Reference Management Software Zotero Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Studi Deskriptif Tentang Reference Management Software Zotero Menggunakan Komponen Technology Acceptance Model). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (557kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (637kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (778kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi informasi menjadikan peran globalisasi saat ini semakin jelas, informasi semakin bernilai dan membuat gaya hidup masyarakat serba digital, fakta ini seolah menegaskan bahwa masyarakat dunia telah memasuki era baru yang serba mobile, praktis dan sangat personal. Perubahan itulah yang menuntut kita utamanya akdemisi untuk mempunyai kemampuan literasi dalam memperoleh informasi dan menggunakannya. Maka dari itu muncul sebuah istilah baru yaitu Reference Management Software (RMS) dalam hal ini adalah zotero. Reference Management Software zotero merupakan software yang sangat bermanfaat bagi para peneliti, dosen dan mahasiswa dalam penyusunan artikel ilmiah. Dalam penyusunan sebuah artikel ilmiah seorang peneliti, dosen dan mahasiswa dituntut harus sesuai dengan kaidah ilmiah yaitu adanya kesesuaian antara Citation dan Reference. Penelitian ini ingin mengetahui gambaran penerimaan mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meneganai reference management software zotero yang dilihat dari lima komponen utama teori Technology Acceptance Model (TAM) yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, attitude towards behavior, behavioral intention dan actual system usage. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode systematic random sampling. Jumlah responden yang diambil sebesar 80 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa secara keseluruhan menerima reference management software zotero yang dilihat dari banyaknya variabel yang memiliki kategori skor tinggi. Dari kelima variabel Tecnology Acceptance Model (TAM) yang memiliki nilai skor dengan kategori tinggi yaitu perceived usefulness dengan besar skor 6,67, attitude towards behavior dengan besar skor 6,2, dan actual system usage dengan skor 6,1, sedangkan untuk variabel yang memiliki skor kategori sedang yaitu perceived ease of used dengan skor 6 dan behavioral intention dengan skor 6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 28/16 Wic a
Uncontrolled Keywords: Reference Management Software, Technology Acceptance Model, Citation, reference, Zotero.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Moch Fikriansyah WicaksonoNIM071211633020
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul HalimNIDN0023017506
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Apr 2016 08:16
Last Modified: 22 May 2020 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item