DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU TERHADAP PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI BANGKALAN (Studi Deskriptif tentang Pengembangan Batik Tanjung Bumi sebagai Pendukung Pariwisata di Kabupaten Bangkalan)

APRILITA NURZAHRA FIRDAUSI, 071210213056 (2016) DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU TERHADAP PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI BANGKALAN (Studi Deskriptif tentang Pengembangan Batik Tanjung Bumi sebagai Pendukung Pariwisata di Kabupaten Bangkalan). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri batik Tanjung Bumi adalah Industri batik yang berada di desa Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Berawal dari kebiasaan warganya yang membatik menjadikan industri batik Tanjung Bumi berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Batik Tanjung Bumi makin dikenal pesat sejak dibangunnya Jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura ini dibuka sekitar pertengahan tahun 2009 yang merupakan pembuka akses sehingga wisatawan maupun pengunjung dengan mudah menuju ke Pulau Madura dan menjadikan batik Tanjung Bumi sebagai souvenir wisata karna batik Tanjung Bumi merupakan cinderamata khas dari Kabupaten Bangkalan yang dapat dibeli dan dibawa pulang oleh pengunjung yang berkunjung ke Pulau Madura khususnya Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang maksudnya adalah mengumpulkan dan memanfaatkan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pandangan, perasaan dan perilaku individu atau sekelompok orang. Beberapa informan seperti pengrajin batik, Pemerintah Daerah dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa batik Tanjung Bumi merupakan souvenir wisata yang makin berkembang dengan adanya kemudahan akses menuju kesana karena pembangunan Jembatan Suramadu dan bertambahnya industri batik di Tanjung Bumi sebagai pendukung pariwisata di Bangkalan sehingga wisatawan/ pengunjung dengan mudah keluar masuk Pulau Madura dan dengan mudah mendapat batik Tanjung Bumi untuk kalangan pribadi maupun kelompok serta peran pemerintah dari pemerintah untuk mengembangkan industri Tanjung Bumi dari waktu ke waktu seperti memberikan tempat berupa pasar bagi para pedagang batik dan memberikan pelatihan dan pembinaan bagi para pengrajin.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.14/16 Fir d
Uncontrolled Keywords: batik Tanjung Bumi, Industri Pariwisata, Jembatan Suramadu dan souvenir wisata
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
APRILITA NURZAHRA FIRDAUSI, 071210213056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI ENDAH NURHIDAYAATI, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:35
Last Modified: 26 Apr 2016 01:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item