GERAKAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMPERJUANGKAN SENGKETA LAHAN WADUK SAKTI SEPAT DI KELURAHAN LIDAH KULON SURABAYA

NUKE FARIDHA WARDHANI, 071211332004 (2016) GERAKAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMPERJUANGKAN SENGKETA LAHAN WADUK SAKTI SEPAT DI KELURAHAN LIDAH KULON SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gerakan LSM dalam memperjuangkan Waduk Sepat yang saat ini menjadi sengketa antara warga dengan Pemerintah Kota Surabaya dan PT Ciputra Surya Tbk. Dalam penelitian ini menggunakan teori mobilisasi sumber daya dengan perspektif rasionalitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan motivasi yang dilakukan oleh LSM dalam memperjuangkan Waduk Sepat, strategi apa yang digunakan LSM, bagaimana antar LSM maupun LSM dengan warga berkoordinasi dalam mengembangkan isu dan menyatukan ide. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan informan penelitian yaitu warga yang pro dan kontra terhadap penutupan Waduk Sepat, perwakilan LSM yang terkait langsung dengan Waduk Sepat, DPRD Kota Surabaya, perwakilan Kecamatan Lakarsantri Surabaya, para advokat yang turut dalam aktivitas advokasi di Waduk Sepat, serta jurnalis dari media massa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif terhadap data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan data sekunder. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai gerakan sosial yang dilakukan LSM bersama warga berdasar rasionalitas, yakni menginginkan waduk tersebut kembali seperti fungsinya sedia kala dan tercapainya kesejahteraan masyarakat. LSM dan warga mempunyai beberapa strategi dalam upaya memperjuangkan Waduk Sepat, seperti melakukan gugatan, melakukan aksi di depan DPRD Kota Surabaya untuk menarik keprihatinan publik secara luas, dan mengadakan sekolah hukum sebagai basis penguatan internal warga. Cara berkoordinasi pun dilakukan dengan memanfaatkan jejaring antar LSM, sekaligus menggunakan media sosial seperti WhatsApp dalam memudahkan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.12/16 War g
Uncontrolled Keywords: Waduk Sakti Sepat, Mobilisasi Sumber Daya, Lembaga Swadaya Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB491 Civil law (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
NUKE FARIDHA WARDHANI, 071211332004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAribowo, Drs., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:25
Last Modified: 26 Apr 2016 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item