SUPLEMENTASI MINYAK JAGUNG DALAM PAKAN TERHADAP KADAR ESTROGEN DALAM SERUM DARAH , HIRARKI FOLIKULER DAN TINGKAT PRODUKTIVITAS BURUNG PUYUH (Cortunixcortunix japonica)

HERINDA PERTIWI, 0611414153004 (2016) SUPLEMENTASI MINYAK JAGUNG DALAM PAKAN TERHADAP KADAR ESTROGEN DALAM SERUM DARAH , HIRARKI FOLIKULER DAN TINGKAT PRODUKTIVITAS BURUNG PUYUH (Cortunixcortunix japonica). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (938kB) | Preview
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEP PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V HASIL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VII PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai bahan pangan, telur puyuh mempunyai kualitas lebih baik karena mempunyai kandungan protein relatif lebih tinggi untuk setiap butir telur dibandingkan telur ayam (Nugroho dan Mayun 1991). Karena itu, berbagai studi tentang peningkatan produktivitas burung puyuh banyak dilakukan, termasuk diantaranya, penelitian tentang suplementasi minyak atau asam lemak tertentu. Salah satu jenis minyak nabati yang saat ini banyak menjadi sorotan peneliti adalah minyak jagung. Dari segi harga minyak jagung tergolong terjangkau dibandingkan jenis minyak sayur lainnya, meski memang sedikit lebih mahal dari minya sawit di Indonesia, karena itu suplementasi minyak dalam jumlah yang kecil dapat dijadikan solusi alternatif untuk mememperbaiki performa produksi ternak. Kandungan terpenting dalam minyak jagung adalah omega 6 yang terdiri dari asam linoleat (LA) dan asam arakinonat (AA) yang disintesis dari asam linoleat. Komponen inilah yang menjadi perhatian khusus manfaatnya untuk produksi dan reproduksi ternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh pemberian minyak jagung dalam pakan terhadap kadar hormone estrogen dalam darah, hirarki folikular yang terbentuk dan produktivitas burung puyuh. Burung puyuh betina dipelihara di dalam kandang dan diberi pakan secara ad libitum, dan secara acak dibagi menjadi tiga kelompok yang terdiri dari satu kelompok kontrol (P0) dan dua kelompok perlakuan. Kelompok kontrol diberi pakan komersial tanpa suplementasi minyak jagung, sedangkan kelompok satu (P1) diberi pakan komersial dengan suplementasi minyak jagung sebanyak 3% dan kelompok P2 diberi pakan komersial dengan suplementasi minyak jagung sebanyak 6%. Setiap hari dilakukan pencatatan terhadap telur yang dihasilkan. Setelah delapan minggu perlakuan, dilakukan koleksi darah dari vena jugularis pada semua sampel, kemudian dikorbankan untuk mengamati hirarki folikular yang terbentuk. Pada kelompok P1 dan P2 tidak telihat pengaruh yang nyata terhadap peningkatan kadar estrogen dan produktivitas dibandingkan dengan kelompok P0, akan tetapi terlihar pengaruh nyata pada hirarki folikular yang terbentuk pada kelompok P1 dan P2 dibandingkan dengan kelompok kontrol. P1 memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi dari kelompok kontrol, namun hirarki folikular dan produktivitas yang lebih rendah dari kelompok kontrol, sedangkan P2 memiliki kadar estrogen, hirarki folikular dan produktivitas yang lebih tinggi dari kelompok P0 dan P1.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC kk TBR 02 16 Per p
Uncontrolled Keywords: corn oil, estrogen, hierarchy follicular, productivity, quail
Subjects: R Medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HERINDA PERTIWI, 0611414153004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Mustofa, Prof DR drh MKesUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 26 Apr 2016 09:17
Last Modified: 26 Apr 2016 09:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item