ANALISIS WACANA KOMODIFIKASI ISLAM DALAM TVC POCARI SWEAT VERSI BULAN RAMADHAN

LUKMANUL HAKIM FIRDAUSI, 071115097 (2016) ANALISIS WACANA KOMODIFIKASI ISLAM DALAM TVC POCARI SWEAT VERSI BULAN RAMADHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada wacana bagaimana Islam dikonstruksi dan dikomodifikasi melalui symbol – symbol yang dimunculkan dalam tayangan iklan televisi Pocari Sweat pada bulan Ramadhan tahun 2011 hingga 2015. Islam sebagai agama banyak hadir menjadi tema yang sering dilibatkan dalam tayangan televisi dan memiliki kecenderungan bergesernya fungsi utama agama Islam itu sendiri yang awalnya sebagai tuntunan menjadi tontonan. Pemilihan tayangan iklan Pocari Sweat karena mengingat Pocari Sweat merupakan pionir minuman isotonik yang mampu mengubah cara pandang masyarakat tentang kebutuhan cairan tubuh, selain itu dengan ditayangkan iklan Pocari Sweat pada bulan Ramadhan, Pocari Sweat seakan memposisikan dirinya sebagai sebuah syarat dan kebutuhan agar aktifitas berpuasa seseorang berjalan lancar. Penelitian ini ingin melihat bagaimana Islam dikonstruksi sebagai perantara untuk menyampaikan wacana melalui komodifikasi symbol – symbol yang ditampilkan dalam iklan televisi Pocari Sweat bulan Ramadhan. Untuk dapat menjelaskan bagaimana Islam dikonstruksi melalui wacana – wacana tertentu pada iklan televisi Pocari Sweat, peneliti menggunakan teori iklan yang telah menjelma menjadi suatu realitas sosial dan komodifikasi agama sebagai dasar menganalisis wacana dalam teks dan gambar yang ditampilkan dalam tayangan tersebut. Menggunakan analisis wacana Fairclough, peneliti menghubungkan antara teks, praktik wacana, dan praktik sosial budaya. Penelitian ini memperlihatkan bahwa telah terjadi bentuk komodifikasi agama melalui wacana yang disampaikan melalui iklan – iklan Pocari Sweat. Melalui iklan – iklan tersebut pula secara tak langsung terdapat penyampaian ideologi bermuatan konsumtif. Melalui iklan – iklan ini pula terdapat bentuk reproduksi simbol Islam berupa pakaian muslim terutama jilbab yang kerap kali penggunaannya tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, yang peneliti nilai merupakan hanyalah sebatas selebrasi belaka. Dalam iklan ini, memanfaatkan momen dinilai merupakan cara yang ampuh untuk menyampaikan pesan – pesan pemasaran mereka. Alih – alih untuk meramaikan suasana bulan Ramadhan yang kental akan spritualisme, iklan Pocari Sweat justru berusaha melakukan pembatasan – pembatasan yang seharusnya terjadi pada bulan Ramadhan, dengan diminimalkannya pesan untuk melakukan ritual ibadah Islam. Melalui penelitian ini ditemukan kenyataan bahwa iklan Pocari Sweat berusaha untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang minuman isotonik melalui proses komodifikasi Islam dan menyebarkan wacana – wacana terkait dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K. 20/16 Fir a
Uncontrolled Keywords: analisis wacana, komodifikasi islam, realitas iklan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
LUKMANUL HAKIM FIRDAUSI, 071115097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S. Sos., M.Med.Kom)UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 04 May 2016 01:39
Last Modified: 14 Jun 2017 19:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30412
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item