OKKY NURRIZA, 041112200 (2016) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLI SPESIALIS KANDUNGAN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit merupakan instansi yang bergerak di bidang jasa kesehatan. Dalam memberikan pelayanan kepada pasien, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti kenyamanan, keramahan, atau kecepatan pelayanan atau antrian. Maka perlu untuk menganalisis sistem antrian yang terjadi, serta menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan yang dirasakan menggunakan analisis kesenjangan dengan atribut SERVQUAL, yaitu dimensi tangible, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty. Analisis kesenjangan dilakukan untuk melihat perbedaan nilai rata-rata antara harapan pasien dan persepsi pasien. Penelitian ini menggunakan obyek Poli Spesialis Kandungan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Karakteristik antrian poli tersebut adalahh First-Come-First-Served, dan dihitung menggunakan perhitungan singlechannel, single-phase untuk menganalisis perbedaan kinerja antar dokter. Poli tersebut dibagi menjadi poli rawat jalan pagi dan rawat jalan sore, seluruh dokter yang bertugas memiliki distribusi kedatangan Poisson dan distribusi pelayanan Exponential. Perhitungan teori asumsi baku antrian selanjutnya dilakukan dengan menggunakan POM-QM for Windows. Setelah melakukan analisis kinerja antrian, dilakukan perhitungan tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan analisis kesenjangan. Hasil analisis kesenjangan pada pelayanan Poli Spesialis Kandungan menunjukkan bahwa nilai kesenjangan tertinggi sebesar -1,7, -1,68, dan -1,18 untuk instrumen berdimensi reliability, -1,17 instrumen berdimensi empathy, dan -1,14 instrumen berdimensi tangible, dan dari kelima kesenjangan tertinggi tersebut memiliki hubungan erat dengan kinerja antrian. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan kinerja antrian untuk mempercepat waktu tunggu pelayanan dan meningkatkan pelayanan untuk meraih kepuasan pasien pada Poli Spesialis Kandungan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.103/16 Nur a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | sistem antrian, First-Come-First-Served, Poisson, Exponential, SERVQUAL, analisis kesenjangan | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2016 08:45 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2016 09:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30427 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |