LALU MUHAMMAD SALEH, 101217087311 (2016) INDIKATOR PREDIKTIF SAFETY PERFORMANCE PADA KARYAWAN AIR TRAFFIC CONTROLLER (ATC) DI INDONESIA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
30735_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
Abstract
Kepadatan lalu lintas penerbangan udara semakin menunjukkan peningkatan. Kelelahan pada karyawan Air Traffic Controller terjadi karena jumlah kepadatan traffic yang meningkat setiap tahunnya. Kecelakaan pesawat sering terjadi, baik itu di dunia maupun di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh job ability, motivasi, beban kerja, lingkungan kerja, identitas individu, burnout, keluhan muskuloskeletal terhadap safety performance dan menganalisis indikator prediktif safety performance pada karyawan Air Traffic Controller (ATC) di Indonesia. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan cross sectional study, dengan jumlah sampel sebanyak 123 orang karyawan ATC dari tiga cabang Air Nav Indonesia yaitu Makassar, Surabaya, dan Lombok, teknik analisis statistik dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), variabel penelitian adalah safety performance, burnout, keluhan muskuloskeletal sebagai variabel endogen, sedangkan ability, motivasi, beban kerja, lingkungan kerja, dan identias individu sebagai variabel eksogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap safety performance adalah beban kerja dan lingkungan kerja sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap safety performance adalah ability, motivasi, identitas individu, burnout, dan keluhan muskuloskeletal. Motivasi berpengaruh terhadap burnout, dan identitas individu berpengaruh terhadap keluhan muskuloskeletal. Indikator prediktif safety performance adalah beban kerja dan lingkungan kerja. Safety performance akan semakin optimal apabila pembagian traffic merata di setiap sektor. Penambahan jumlah karyawan, peralatan dan fasilitas yang ergonomis dan penggunaan alat pelindung diri pada saat bekerja harus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK DIS.IK.07/16 Sal i | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Safety performance, ability, motivasi, beban kerja, lingkungan kerja, identitas individu, burnout, keluhan muskuloskeletal | |||||||||
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN275-325 Practical mining operations. Safety measures | |||||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | |||||||||
Date Deposited: | 30 May 2016 04:18 | |||||||||
Last Modified: | 21 Jun 2017 20:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30735 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |