KETUT BUDIARTHA, 090014185 D (2007) PENGARUH KEMAMPUAN TERHADAP PARTISIPASI DANPENERIMAAN SISTEM SERTA KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PADA HOTEL BERBINTANG DI PROVINSI BALI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2008-budiarthak-7544-abstract-8.pdf Download (556kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2008-budiarthak-754411full.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Setiap perusahaan selalu dihadapkan pada kondisi keusangan sistem informasi. Keusangan tersebut ditandai dengan sistem informasi yang ada tidak mampu menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Penyebab keusangan tersebut adalah kemajuan teknologi sistem informasi, kemajuan teknologi komunikasi, perubahan organisasi, ruang lingkup perusahaan semakin Iuas, kebijakan pemerintah dan tantangan pesaing. Jika perusahaan menghadapi keusangan sistem informasi, maka sistem informasi yang ada perlu diubah baik sebagian maupun keseluruhan. Dalam usaha melakukan perubahan sistem informasi, tahapan-tahapan dalam system development life cycle perlu diperhatikan, karena kesalahan dalam melaksanakan tahapan tersebut akan menyebabkan kegagalan pengembangan sistem informasi. Salah satu pihak yang perlu diperhatikan dalam system development life cycle adalah pengguna sistem informasi. Kegagalan dalam memahami komitmen dan motivasi pengguna akan dapat menyebabkan kegagalan sistem. Studi ini mengambil dasar teori system development life cycle (Davis and Olson, 1986:574), Bodnar and Hopwood (1990:876), Wilkinson et al.(2000:519) dan (Hail, 2004:664). Selain menggunakan teori system development life cycle, studi ini juga meneliti model dasar pengembangan sistem informasi yang pertama kalinya dikembangkan oleh Swanson (1974) yaitu dengan melibatkan partisipasi pengguna yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan sistem. Dengan menggunakan pendekatan system development life cycle studi ini mencoba untuk mengintegrasikan dan memperluas penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya di antaranya: Nelson and Cheney (1987), McKeen et al. (1994), Lee et al. (1995), Saleem (1996), Choe (1996), Kim et al. (1998), Chandrarin dan Indriantoro (1997), Setianingsih dan Indriantoro (1998), Elfreda (2003) dan Restuningsih (2006), tentang hubungan partisipasi pengguna dengan kepuasan pengguna, Nelson and Cheney (1987), McKeen et al (1994), Lee et al. (1995), dan Saleem (1996) tentang hubungan kemampuan pengguna dengan penerimaan sistem, Lee et al. (1995), Saleem (1996) tentang hubungan kemampuan terhadap partisipasi pengguna, Saleem (1996), Martinsons and Chong (1999) dan Lindrianasari (2001) tentang hubungan partisipasi dengan penerimaan sistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang berusaha menjelaskan hubungan kausalitas dari berbagai variabel yang diteliti. Rancangan penelitian ini termasuk dalam klasifikasi pengujian hipotesis. Cara pengumpulan data dengan menggunakan media kuesioner untuk mendapatkan data primer. Unit analisis penelitian ini adalah para manajer akuntansi atau keuangan pada perusahaan hotel berbintang yang ada di provinsi Bali. Untuk menguji hipotesis digunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji jalur pengaruh kemampuan terhadap partisipasi dan penerimaan sistem serta kepuasan pengguna sistem informasi. Secara umum studi ini memberikan bukti empirik dan mengkonfirmasi teori: yang menyatakan bahwa kemampuan pengguna berpengaruh langsung terhadap partisipasi pengguna, partisipasi berpengaruh langsung terhadap penerimaan sistem dan kepuasan pengguna. Seperti diketahui bahwa semakin tinggi kemampuan yang dimiliki oleh pengguna maka semakin tinggi partisipasi yang diberikan, maka semakin tinggi penerimaan sistem dan kepuasan pengguna. Jika pengguna puas dengan informasi yang dihasilkan sistem, maka proses pengembangan sistem dikatakan berhasil. Penelitian ini mendukung hash studi yang dilakukan oleh Nelson and Cheney (1987), McKeen et al. (1994), Lee et a1. (1995), Saleem (1996), Choe (1996), Chandrarin dan Indriantoro (1997), Setianingsih dan Indriantoro (1998), Restuningsih (2006), Elfreda (2003), Jarvenpaa and Ives (1991); Baroudi and Igbaria (1994), Martinsons and Chong (1999] dan Lindrianasari (2001). Studi ini tidak berhasil mendukung hasil studi terdahulu tentang pengaruh kemampuan pengguna terhadap penerimaan sistem dan kepuasan pengguna sistem informasi. Kontribusi teori yang dihasilkan dari studi ini adalah menemukan bukti empirik bahwa keberhasilan pengembangan sistem informasi tergantung pada kemampuan pengguna dan partisipasinya dalam pengembangan sistem informasi. Berdasarkan hasil temuan studi ini, maka disarankan bagi peneliti berikutnya untuk mengembangkan model penelitian yang lebih komprehensif dengan memperkaya isu-isu kontijensi yang mempengaruhi hub ungan kemampuan pengguna dengan kepuasan pengguna. Bagi pengembangan praktik sistem informasi disarankan untuk merancang sistem informasi yang berorientasi pengguna. Dalam tahap perencanaan hendaknya lebih berhati-hati dalam memahami kemampuan, motivasi dan komitmen pengguna karena kegagalan dalam memahami hal-hal tersebut dapat menyebabkan kegagalan pengembangan sistem informasi yang pada akhirnya dapat mengganggu kinerja perusahaan.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Dis.E.21/08 Bud p | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | System development life cycle, users ability, users participation, system acceptance and users satisfaction. | ||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2016 19:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2016 19:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32654 | ||||||||||||
Sosial Share: | |||||||||||||
Actions (login required)
View Item |