ANALISIS ADOPSI PENGGUNA E-MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL TASK TECHNOLOGY FIT (TTF) DAN THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

DIAN RAMADHAN, 081211631003 (2016) ANALISIS ADOPSI PENGGUNA E-MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL TASK TECHNOLOGY FIT (TTF) DAN THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

E-marketplace merupakan wadah untuk pembeli dan penjual dalam memenuhi dan membantu kebutuhan transaksi online. Menurut APJII, jejaring sosial adalah tempat yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia sebagai sarana bertransaksi online yaitu sebesar 64,9%. Sedangkan, penggunaan e-marketplace sebagai sarana bertransaksi online sebesar 14,4%. Oleh karena itu, perlu adanya analisis adopsi pengguna e-marketplace. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan e-marketplace sebagai sarana bertransaksi online di Indonesia cukup kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel dan indikator yang mempengaruhi adopsi pengguna e-marketplace. Model yang digunakan untuk menganalisis adopsi pengguna e-marketplace adalah integrasi model Task Technology Fit (TTF) dan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dengan tujuh variabel yaitu, task characteristics, technology characteristics, task technology fit, perfomance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Dalam penelitian ini dilakukan penyebaran kuesioner dengan target responden adalah orang yang menggunakan e-marketplace berbasis di Indonesia. Data yang diperoleh berjumlah 312 responden. Kuesioner yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan Partial Least Square SEM (PLS-SEM) yang meliputi evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural, dan uji goodness of fit (GoF). Hasil analis menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara perfomance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions terhadap adopsi pengguna, task characteristics dan technology characteristics terhadap task technology fit. Sedangkan task technology fit tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan user adoption. Rekomendasi dan saran yang diajukan untuk e-marketplace yaitu dengan cara sosialisasi kepada pengguna seperti seminar, workshop, promosi, atau iklan tentang kegunaan dan manfaat penggunaan e-marketplace.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.21/16 Ram a
Uncontrolled Keywords: E-marketplace, Adopsi Pengguna, TTF, UTAUT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN RAMADHAN, 081211631003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom, M.CsUNSPECIFIED
Thesis advisorDyah Herawatie, Ir., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 10 Jun 2016 00:31
Last Modified: 10 Jun 2016 00:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item