Yanuarita Kusuma Permata Sari (2015) Strategi Komunikasi Mahasiswa Asing Dalam Beradaptasi Di Lingkungan Belajar Universitas Airlangga. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (156kB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (244kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text (RINGKASAN)
4. RINGKASAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB I)
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB II)
8. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
10. BAB IV DESKRIPSI INFORMAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
11. BAB V TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
12. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi mahasiswa asing dalam beradaptasi di lingkungan belajar Universitas Airlangga. Latar belakang utama yang mendasari penelitian ini dilakukan adalah pengalaman peneliti yang memiliki teman asal Madagaskar di kelas Media dan Komunikasi. Peneliti mengamati situasi yang dihadapi oleh mahasiswa asing di kelas, dimana aktifitas belajar yang dilakukan dalam bahasa Indonesia dan menghadapi keberagaman teman mahasiswa di kelas yang berasal dari berbagai daerah. Sehingga mengusik keingintahuan peneliti secara lebih mendalam bagaimana kemudian mahasiswa asing di Universitas Airlangga bisa beradaptasi di lingkungan belajar yang secara sosial budaya berbeda. Melalui Teori Strategi Pengurangan Ketidakpastian dan Teori Akomodasi Komunikasi, peneliti menganalisis strategi komunikasi mahasiswa asing dalam beradaptasi di lingkungan belajar Universitas Airlangga. Menggunakan metode studi kasus, penelitian ini bertipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian merupakan mahasiswa asing jenjang S1, S2 dan juga S3 yang aktifitas perkuliahan sudah bersinggungan langsung dengan mahasiswa dan dosen asal Indonesia di fakultas masing-masing di Universitas Airlangga. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan, Bahasa merupakan masalah utama bagi mahasiswa asing dalam beradaptasi di lingkungan belajar. Komunikasi verbal secara pasif dan interaktif digunakan untuk mengurangi ketidakpastian. Komunikasi persuasif dan penggunaan bahasa konotatif digunakan berkomunikasi dengan teman belajar maupun dosen pengajar. Komunikasi non verbal dilakukan mahasiswa asing melalui gerak tubuh, ekspresi wajah, senyuman dan sikap diam. Sikap membuka diri, meredam ego, sportif, terhadap perbedaan budaya membantu mahasiswa asing beradaptasi di lingkungan belajar Universitas Airlangga. Motivasi, Persepsi, Pengalaman Sosial Budaya, Situasi lingkungan sosial mempengaruhi gaya personal mahasiswa asing dalam melakukan strategi komunikasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.40/15 Sar s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Mahasiswa Asing, Adaptasis | ||||||
Subjects: | Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Aimmatul Mukaromah | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 26 May 2020 03:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33853 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |