Perbandingan Perbaikan Derajat Keparahan Klinis Antara Penderita Stroke Trombotik Akut Dengan Rendah dan Tinggi Kadar Matriks Metalloproteinase-9

SITA SETYOWATIE, dr (2016) Perbandingan Perbaikan Derajat Keparahan Klinis Antara Penderita Stroke Trombotik Akut Dengan Rendah dan Tinggi Kadar Matriks Metalloproteinase-9. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-setyowatie-40890-6.abstr-k.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Stroke merupakan penyebab kecacatan dan ketergantungan baik secara kemanusiaan maupun ekonomi. Studi mengenai keterkaitan kadar MMP-9 dengan perbaikan derajat keparahan klinis saat ini masih terbatas. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbaikan derajat keparahan klinis pada penderita stroke trombotik akut dengan kadar MMP-9 tinggi dan rendah. Metode Rancangan penelitian adalah cross sectional dan pengambilan subyek penelitian dilakukan berturut-turut menurut kasus yang datang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Dilakukan pengukuran kadar MMP-9 dalam plasma darah. Penderita dikelompokkan ke dalam kadar MMP-9 rendah dan tinggi. Kadar MMP-9 rendah bila > 840 ng/mL dan kadar MMP-9 tinggi bila ≥ 840 ng/mL. Perbaikan derajat keparahan klinis dinilai menggunakan skala ΔNIHSS. Analisa data menggunakan chi square. Hasil Dari 80 subyek yang diteliti didapatkan penderita dengan perbaikan derajat keparahan klinis dengan kadar MMP-9 rendah (37,9%) lebih besar dibandingkan dengan kadar MMP-9 tinggi (21,6%). Perbedaan ini tidak bermakna secara statistik (p = 0,115). Kesimpulan Tidak didapatkan perbedaan perbaikan derajat keparahan klinis pada penderita stroke trombotik akut dengan kadar MMP-9 rendah dalam serum darah dibandingkan dengan penderita stroke trombotik akut dengan kadar MMP-9 tinggi dalam serum darah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS. NEU. 04/16 Set p
Uncontrolled Keywords: Acute Trombotic Stroke-MMP 9 Levels-NIHSSs
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Urologi
Creators:
CreatorsNIM
SITA SETYOWATIE, drUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendro Susilo, dr., Sp.S(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item