PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU TAMAN KANAK-KANAK

IRA DARMAWANTI, 090415302M (2006) PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU TAMAN KANAK-KANAK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-darmawanti-6428-002_06-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada Guru Taman Kanak-Kanak yang tergabung; dalam IGRA (Ikatan Guru Raudlatul Athfal Surabaya, mengenai identifikasi anak berkebutuhan khusus yang mengarah pada profesionalisme guru. Teori yang dirujuk sebagai dasar dalam mengatasi permasalahan adalah teori yang mengenai alat identifikasi anak berkebutuhan khusus, yang berasal dari Direktorat Pendidikan Luar Biasa. Dalam teori ini dijelaskan berbagai macam anak berkebutuhan khusus dan bagaimana mengidentifikasinya dengan menggunakan alat identifikasi anak berkebutuhan khusus. Selain itu juga mengacu pada perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak-kanak (Jamaris, 2005). Dari teori ini diharapkan guru dapat mengidentifikasi anak-anak yang memerlukan pelayanan pendidikan khusus. Berdasarkan dari hasil pengumpulan data dapat diketahui bahwa sebagian besar guru masih memerlukan pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus dan bagaimana mengidentifikasi. Yang terjadi selama ini adalah guru kurang dapat mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus, sehingga penanganannyapun kurang tepat dan memakan waktu lama. Melihat permasalahan yang ada, penulis memutuskan untuk memberikan pelatihan identifikasi anak berkebutuhan khusus pada anak usia dini. Pelatihan ini diberikan pada guru-guru tarnan kanak-kanak yang tergabung dalam IGRA dengan harapan dapat menjadi salah satu alternatif meningkatkan profesionalisme. Pelatihan ini belum terlalu maksimal, disebabkan perubahan prilaku yang diharapkan belum bisa diketahui secara cepat karena keterbatasan waktu. Saran yang diberikan untuk peneliti selanjutnya adalah akan lebih baik jika pelatihan lebih ditekankan pada penanganan anak berkebutuhan khusus dalam konteks pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psyco Corner 002/06 Dar p
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS; PROFESIONALISME GURU
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8073-8079.35 Investigation of crimes. Examination and identification of prisoners
L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
IRA DARMAWANTI, 090415302MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar, Dra.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorM.M.W.Tairas, Dra.,MA.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item