Marina Dwi Mayangsari, 090515520M (2007) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TENTANG MULTIPLE INTELLIGENCE DI TAMAN KANAK-KANAK AZZAHRAH KELAS A KOTA PASURUAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s2-2008-mayangsari-6452-00807m-k.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-mayangsari-6452-00807m-pHLM.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
||
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-mayangsari-6452-00807m-pFULL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-mayangsari-6452-00807m-pLAMP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas Akhir ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta permasalahan yang saat ini muncul di TK.Azzahrah, yakni memberikan gambaran kepada para guru mengenai penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligence melalui cara yang sederhana. menarik dan sesuai dengan prinsip-¬prinsip pembelajaran di taman kanak-kanak. Dari hasil need assasment (analisa kebutuhan) melalui observasi, wawancara, dan kuisioner diperoleh hasil bahwa selama ini guru masih belum mampu menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada anak, guru lebih banyak menekankan pada bidang akademis siswa saja, serta belum sepenuhnya memenuhi aspek metode pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini seperti yang disyaratkan oleh Diknas (2005), yaitu belajar sambil bermain. berorientasi pada perkembangan anak, kebutuhan anak, berpusat pada anak. pembelajaran tematik, PAKEM serta inovatif, mengembangkan kecakapan hidup. lingkungan kondusif, demokratis, bermakna, menggunakan berbagai media dan sumber belajar, serta stimulasi terpadu. Hal ini membuat pembelajaran dikelas masih bersifat klasikal serta konvensional, siswa dikelas tampak kurang antusias, serta belum banyak diupayakan pengembangan kecerdasan majemuknya oleh guru. Sedangkan untuk melakukan perubahan metode baru yang dicanangkan oleh yayasan, yakni metode pembelajaran yang lebih menghargai kecerdasan majemuk anak (multiple intelligence) ternyata para guru belum sepenuhnya memahami penerapan metode tersebut, guru membutuhkan adanya gambaran seputar teknis penerapan dan pelaksanaan metode baru tersebut. Melihat kebutuhan yang ada penulis memutuskan untuk memberikan suatu intervensi berupa Penerapan Metode Pembelajaran Dengan Pendekatan Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Multiple Intelligence Di TK.Azzahrah Kelas A. Intervensi ini diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman guru mengenai metode pembelajaran multiple intelligence di kelas secara menyeluruh. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan di TK.Azzahrah saat ini dapat terpenuhi. Intervensi ini dirasa sudah cukup dapat memenuhi kebutuhan dari para guru di TK.Azzahrah. Meskipun demikian akan lebih baik tentunya jika untuk penelitian kedepan dilakukan tahapan-tahapan selanjutnya yang berkesinambungan dan menyeluruh untuk semua guru, serta dilakukan evaluasi dalam jangka waktu yang lebih panjang, sehingga apa yang dilakukan akan lebih dapat meningkatkan kesiapan serta kompetensi guru sebagai sumber daya pengajar yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB Psycho Corner 008/07 May p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Multiple Intelligence | |||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten |
|||||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2017 21:47 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34381 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |