PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATRAKTIF UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DI TK MUSLIMAT NU RANGGEH KABUPATEN PASURUAN

NIMATUL MUSHOFFA, 090515510 M (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATRAKTIF UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DI TK MUSLIMAT NU RANGGEH KABUPATEN PASURUAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-mushoffani-6479-016_07a-k.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-mushoffani-6479-016_07-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sasaran belajar pendidikan usia dini atau prasekolah adalah belajar untuk tumbuh mandiri (Sukadji, 2001). Pendapat ini didukung oleh teori psikososial dari En, Erikson yang menyatakan bahwa usia 2-3 tahun adalah tahap untuk belajar mandiri (Boeree, 2004). Mandiri itu sendiri berarti tidak tergantung pada orang lain balk periiaku maupun pemikiran. Sayangnya kondisi ini kurang nampak pada siswa-siswi IK Muslimat NU Ranggeh di Kabupaten Pasuruan. Melalui assessmen yang dilakukan yaitu observasi dan dokumentasi, diketahui bahwa sistem pembelajaran bersifat teacher centered sehingga membuat siswa yang seharusnya sudah mandiri masih rnenunjukkan perilaku tergantung pada guru. Siswa cenderurig mengadu dan meminta bantuan guru ketika mendapat masalah, mudah menyerah ketika mengalami kesulitan dan kurang berani berpendapat. Model pembelajaran atraktif yang penulis pilih merupakan model intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa TK Muslimat NU Ranggeh. Model pembelajaran ini bersifat student centered dan banyak memberikan alternatif pilihan bagi siswa melalui sentra-sentra sehingga mereka dapat belajar mengambil keputusan sendiri. intervensi diberikan selama lima hari ditambah dua hari untuk pre-test dan post-test. Dari tujuh indikator kemandirian, lima diantaranya mengalami peningkatan skor yang cukup berarti. Dengan kata lain, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian siswa. Daftar Pustaka 20 (1994 � 2006)

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psyco Corner 016/07 Mus p
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ATRAKTIF; KEMANDIRIAN SISWA; TK
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
NIMATUL MUSHOFFA, 090515510 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika Suprapti, Dra., M.S. Ed.UNSPECIFIED
Thesis advisorNur Aini Fardhana, S.Psi., M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Jul 2019 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item