PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN DOSEN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU)

Anggri Puspita Sari, 090515614 M (2008) PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN DOSEN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-sarianggri-7807-abstrak.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengaruh iklim organisasi dan segala implikasinya pada kepuasan kerja dan komitmen dosen telah menimbulkan ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung iklim organisasi terhadap komitmen dosen pada Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan menganalisis pengaruh tidak langsung iklim organisasi terhadap komitmen dosen pada Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada seluruh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak 110 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode sensus. Hasil dari kuesioner ini kemudian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan Analisis Struktural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang terjadi pada iklim organisasi terhadap komitmen dosen pada Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah pengaruh langsung, karena koefisien pengaruh langsung lebih besar daripada koefisien pengaruh tidak langsung (-0.040 > 0.159) dengan arah positif Pengaruh ini kecil berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan. Sedangkan pengaruh yang terjadi pada iklim organisasi terhadap komitmen dosen melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening sebesar 0.040 dengan arah negatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 06/08 Sar p
Uncontrolled Keywords: Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Anggri Puspita Sari, 090515614 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRAPTINI YULIANTI, Dra. EC. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Jun 2017 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34493
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item