TANGGUNG JAWAB NOTARIES SEBAGAI PEJABAT UMUM TERHADAP PERJANJIAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH YANG DIBUATNYA

Atika, 030210304N (2004) TANGGUNG JAWAB NOTARIES SEBAGAI PEJABAT UMUM TERHADAP PERJANJIAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH YANG DIBUATNYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-atika-867-tmk200-k.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-atika-867-tmk_20_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada dasarnya salah satu tugas yang terpenting bagi pemerintah sebagai penguasa adalah asas memberikan dan menjamin adanya rasa kepastian hukum bagi para warga anggota masyarakat. Dalam bidang tcrtentu tugas itu oleh penguasa melalui Undang-Undang diberikan dan dipercayakan kepada notaris dan sebaliknya masyarakat juga harus percaya bahwa Akta Notaris yang dibuat itu memberikan kepastian hukum bagi para warganya. Kepastian hukum itu justru timbul karena adanya sitat akta otentik yang mempunyai kekuatan pembuktian 3 (tiga) jenis tersehut, yaitu secara lahiriah, formil maupun materiil. Demikian juga bagi Pengadilan, sepanjang tidak dapat dibuktikan sebaliknya, maka ketiga sifat pembuktian dari akta tersebut juga mengikat hakim dan hakim harus mempercayainya sebagai dasar. b. Sekalipun begitu banyak peraturan yang mengatur tentang hak dan kewajiban notaris namun tidak jarang pula kita temui adanya pelanggaran yang timbul akibat kesalahan dan kealpaan yang dilakukan oleh notaris. Selama notaris itu melakukan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang ada maka tidaklah dapat dikatakan notaris tersebut telah melakukan suatu pelanggaran. Sebagai konsekuensi yang logis, maka diperlukan pengawasan agar tugas notaris selalu sesuai dengan kaidah hukum yang Mendasarinya dan agar terhindar dari Penyalahgunaan kepercayaan yang diberikan. Untuk mendukung tujuan tersebut itulah, pihak penyidik (dari aparat penegak hukum) diberi hak untuk melakukan pemeriksaan terhadap minuta akta-akta notaris dengan mengindahkan ketentuan dan persyaratan yang berlaku terhadap pemeriksaan dan penyitaan akta-akta notaris.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 20/06 Ati t
Uncontrolled Keywords: notaris
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Atika, 030210304NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMachsoen Ali, S.H., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Oct 2016 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item