PENGARUH CUSTOMER DELIGHT DALAM KONTEKS SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL SHANGRI-LA SURABAYA

NUR SUSWANTO, 090315151 M (2005) PENGARUH CUSTOMER DELIGHT DALAM KONTEKS SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL SHANGRI-LA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-suswantonu-1848-tps4006.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
36067.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagaimana yang kita tahu sekarang ini, Industri pariwisata menjadi industri yang benar. Disaat ini, semua orang bisa bepergian kapan dan kemana saja. Salah satu industri yang mendukung pariwisata ini adalah Hotel. Sekarang ini, perkembangan hotel mengikuti globalisasi yang terjadi di dunia ini, dan untuk mengikutinya, dunia perhotelan tidak berkutat pada masalah teknologi saja, tapi juga sumber daya manusia sebagai operatornya. Bekerja di hotel bukan hanya check-in dan check-out saja tapi disitu juga ada servis. Servis melibatkan hubungan antar manusia. Satu sisi adalah penyampai jasa dan di sisi lain adalah penerima jasa. Pelanggan adalah fokus utama di industri perhotelan, karena pelangganlah maka industri perhotelan dapat berjalan dari waktu ke waktu. Menyediakan servis yang ekselen artinya memberikan nilai tambah untuk pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa senang disamping itu juga karena semua keinginannya terpenuhi. Akhir-akhir ini servis yang ekselen telah menjadi ujung tombak dalam menarik minat pelanggan, mempertahankan pelanggan lama dan meraih yang baru dan menjadikannya pelanggan setia. Membuat pelanggan setia tidaklah mudah karena kompetitor juga melakukan hal sama. Mengkreasi nilai tambah sangatlah penting, karena membuat pelanggan teringat terus dan nantinya, pelanggan akan kembali dan tinggal lebih sering, serta menjadi pelanggan setia yaitu pelanggan yang selalu membeli produk-produk hotel dan merekomendasikannya kepada teman, rekan kerja dan keluarganya. Membuat servis yang ekselen adalah dengan memberikan kepuasan yang meyenangkan kepada tamu. Servis seperti ini tdak saja memenuhi keinginan pelanggan tapi juga melebihinya serta sebagai jalan yang benar untuk mengembangkan sumber daya manusia di industri perhotelan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 40/06 Sus p
Uncontrolled Keywords: Customer Delight, Satisfaction and Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
NUR SUSWANTO, 090315151 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunarjo, Dr.,dr.,MS.,M.ScUNSPECIFIED
Thesis advisorFendy Suhariadi, Dr.,Drs.,PSi.,MTUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 10 Jul 2017 20:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item