PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TINGKAT IV TERHADAP KINERJA PEJABAT ESELON IV DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA

I KETUT WIRYATMIKA, 090210362 L (2006) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TINGKAT IV TERHADAP KINERJA PEJABAT ESELON IV DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-wiryatmika-3749-tps230-t.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-wiryatmika-3749-tps2307.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh Diklat Pim IV terhadap kinerja pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana, serta memberi informasi tentang adanya perubahan sikap dan perilaku, pemahaman manajemen publik, pemahaman pembangunan dan aktualisasi dari hasil pembelajaran dalam rangka peningkatan kinerja layanan pejabat yang bersangkutan di Pemerintah Kabupaten Jembrana. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun cara perolehan data primer dengan melakukan penyebaran quesioner kepada responden untuk mengetahui adanya perubahan dari hasil pembelajaran materi-materi Diklat Pim IV yang diikuti oleh pejabat eselon IV. Dalam penelitian ini, alat analisis yang digunakan untuk menguji quesioner adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh Diklat Pim IV dimaksud adalah hasil pembelajaran materi sikap dan perilaku, hasil pembelajaran materi pemahaman manajemen publik, hasil pembelajaran materi pernahaman pembangunan dan hasil pembelajaran materi aktualisasi atau yang disebut sebagai variable bebas (independen), untuk variable kinerja yang disebut sebagai variabel terikat (dependent). Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap dan prilaku, perbedaan terhadap pemahaman manajemen publik, perbedaan terhadap pemahaman pembangunan dan dalam mengaktualisasi setelah mengikuti Diklat Pim IV. Untuk mengetahui adanya perbedaan tersebut, peneliti melakukan penyebaran kuisioner kepada responden yang telah mengikuti Diklat Pim IV. Sebelum disebarkan, kuisioner tersebut diuji kevaliditasnya dan reabelitas untuk memperoleh keabsahan kuisioner tersebut. Dari hasil uji validitas dan relibilitas di peroleh bahwa kuisioner tersebut valid dan rabel untuk meneliti pengaruh Diklat Pim IV terhadap Kinerja Penjabat Eselon IV. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh Diklat Pim IV dimaksud dari hasil pembelajaran materi sikap dan prilaku, hasil pembelajaran materi menajemen publik, hasil pembelajaran materi pemahaman pembangunan dan hasil pembelajaran materi aktualisasi yang selanjutnya disebut variabel bebas (independen) terhadap kinerja yang disebut variabel terikat (dependen) dilakukan dengan uji regresi multi variabel baik: bersama - sama maupun parsial. Dan hasil uji regresi di peroleh bahwa untuk uji bersama-sama menunjukkan variabel independen berpengaruh terhadap valiabel dependen. Namun pengaruh Diklat Pim IV terhadap kinerja lemah dan signifikan. Sedangkan untuk uji parsial menunjukkan bahwa hasil pembelajaran materi pemahaman manajemen publik memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan hasil pembelajaran materi sikap dan prilaku, hasil pembelajaran materi pemahaman pembangunan dan hasil pembelajaran materi aktualisasi. Oleh sebab itu, bahwa peningkatan kinerja layanan pejabat-pejabat eselon IV tidak semata-mata dipengaruhi oleh pelaksanaan Diklat tetapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi peningkatan kinerja pejabat tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.23/07 Wir p
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE � TRAINING OF; LOCAL GOVERNMENT
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
I KETUT WIRYATMIKA, 090210362 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item