TANGGUNG GUGAT PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENEMPATAN DAN PEMELIHARAAN MEDIA LUAR RUANG (Analisis Kontrak Perjanjian, Penempatan dan Pemeliharan Papan Reklame Luar Ruang Antara CV. Kopake Kendari Dan PT. HM. Sampoerna, Tbk.)

NINA MEIRINA, 031043108 (2011) TANGGUNG GUGAT PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENEMPATAN DAN PEMELIHARAAN MEDIA LUAR RUANG (Analisis Kontrak Perjanjian, Penempatan dan Pemeliharan Papan Reklame Luar Ruang Antara CV. Kopake Kendari Dan PT. HM. Sampoerna, Tbk.). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-meirinanin-18342-th4511.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-meirinanin-18342-th4511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kontrak berawal dari perbedaan atau ketidaksamaan kepentingan diantara para pihak. Hubungan kontraktual diawali dengan proses negosiasi, melalui proses negosiasi para pihak berupaya menciptakan kesepakatan yang diinginkan para pihak melalui proses tawar-menawar. Sehingga kontrak yang dilakukan oleh salah satu perusahaan periklanan CV. Kopake kendari dengan PT.HM. sampoerna adalah Kontrak perjanjian penempatan dan Pemeliharaan papan reklame sebagai media promosi atau periklanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis karakteristik Kontrak Perjanjian Penempatan dan Pemeliharaan Media Luar antara CV. Kopake kendari dengan PT.HM. sampoerna dan mengkaji upaya hukum terhadap adanya pelanggaran isi kontrak Perjanjian Penempatan dan Pemeliharaan Media Luar CV. Kopake kendari dengan PT.HM. sampoerna. Dari hasil penelitian dan analisis statute approach dan conceptual approach menunjukkan bahwa klausula-klausula yang terdapat dalam kontrak Perjanjian Penempatan dan Pemeliharaan Papan Reklame Luar Ruang antara CV. Kopake Kendari dan PT. HM. Sampoerna, Tbk telah memenuhi dua klausula utama dalam kontrak yaitu Klausula pokok dan klausula Penunjang. serta anatomi perancangan kontrak yang berlaku secara umum juga telah diberlakukan dalam Kontrak tersebut akan tetapi dalam kontrak tersebut juga mencantumkan klausula pengalihan risiko yang dapat merugikan pihak lain dan juga mengalihkan tanggung jawab. Bahwa apabila terjadi sengketa dalam Kontrak Perjanjian Penempatan dan Pemeliharaan Papan Reklame Luar ruang antara CV. Kopake kendari dengan PT. HM. Sampoerna, TBk, maka upaya hukum yang dilakukan adalah menggunakan jalur Non Litigasi yaitu menggunakan BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) sebagai Badan Penyelesaian Sengketa. Hal tersebut secara jelas telah dicantumkan dalam Kontrak yang dibuat oleh para pihak dalam kontrak tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 45 / 11 Mei t
Uncontrolled Keywords: Liability, Contracts, Agreements.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations > K840-917 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
NINA MEIRINA, 031043108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Agus Yudha Hernoko, Prof. Dr. S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 20 Oct 2016 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item