HUBUNGAN ANTARA TERPAAN MEDIA KIE PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS (LEAFLET DAN STICKER) DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PEKERJA SEKS PEREMPUAN

Lian Agustina Setiyaningsih, 071046022 (2011) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN MEDIA KIE PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS (LEAFLET DAN STICKER) DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PEKERJA SEKS PEREMPUAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-setiyaning-27577-9.--abst-i.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
21.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan terpaan media KIE penanggulangan HIV dan AIDS (leaflet dan sticker) terhadap tingkat pengetahuan pekerja seks perempuan di lokalisasi Suko Kabupaten Malang. Media KIE adalah media Komunikasi, Informasi dan Edukasi yang berupa leaflet dan sticker. Media ini merupakan media komunikasi kesehatan sudah berjalan mulai tahun 2006 hingga saat ini. Media leaflet dan sticker merupakan media komunikasi kesehatan yang membentuk dan merubah pengetahuan pekerja seks perempuan. Berangkat dari data yang mengatakan bahwa angka Infeksi Menular Seksual (IMS) semakain tahun semakin menurun, maka penelitian ini perlu dilakukan. Sebagai komunikasi kesehatan yang menggunakan media kesehatan berupa leaflet dan sticker, maka hal ini sesuai dengan teori Lasswel yang mencerminkan who, says what, in which channel, to whom, and with what effect. Terpaan media KIE leaflet dan sticker diukur dari frekuensi dan durasi pekerja seks perempuan dalam menggunakan media tersebut. Untuk pengetahuan diukur penyebab, gejala atau tanda-tanda, cara pengobatan, cara penularan dan cara pencegahan HIV dan AIDS. Indikator tersebut dilihat dari segi konten dan fisik media KIE leaflet dan sticker. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kuantitatif yang mengukur korelasi variabel bebas terpaan media KIE (leaflet dan sticker) dengan variabel tidak bebasnya tingkat pengetahuan. Untuk mengetahui hubungan di antara keduanya, penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner yang disebar kepada 90 pekerja seks perempuan di lokalisasi Suko. Selain itu juga menggunakan teknik analisis data teknik korelasi Spearman Rank karena berdistribusi tidak normal. Kesimpulan studi ini membuktikan adanya korelasi yang siginifikan antara terpaan media KIE penanggulangan HIV dan AIDS (leaflet dan sticker) dengan tingkat pengetahuan pekerja seks perempuan di lokalisasi Suko Kabupaten Malang. Korelasi yang terjadi dalam penelitian ini adalah korelasi positif dimana nilai koefisien korelasinya rendah (p) sebesar +0,385. Koefisien determinasi (kontribusi) dalam penelitian ini adalah 13,7%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.12/12 Set h
Uncontrolled Keywords: IEC media exposure, the level of knowledge, and female sex workers
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Lian Agustina Setiyaningsih, 071046022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustaín Mashud, Prof., Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Moerdjati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36961
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item