Analisis Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Financial Performance dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Berpartisipasi dalam ISRA periode 2007-2010

KHOIRI DATUS ZAHRO, 040913145 (2012) Analisis Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Financial Performance dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Berpartisipasi dalam ISRA periode 2007-2010. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-zahrokhoir-24573-4.abst-k.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis di tahun 1997 telah menempatkan Indonesia menjadi negara yang paling parah dan paling lama pemulihannya. Krisis disebabkan karena fundamental yang lemah dan hutang swasta luar negeri yang cukup besar. Untuk mencegah dampak yang lebih parah, Indonesia diminta untuk mempraktekkan GCG. Good Corporate Governance (GCG) merupakan struktur, proses, budaya dan sistem untuk mewujudkan keberhasilan kondisi operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Financial Performance dengan variabel Corporate Social Responsibility sebagai variabel intervening. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Perusahaan yang dijadikan sampel merupakan perusahaan yang berpartisipasi dalam ISRA pada periode 2007 - 2010 sebanyak 80 perusahaan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah Analysis Jalur (Path Analysis). GCG akan diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komisaris independen. Sedangkan untuk kinerja keuangan akan diukur dengan menggunakan Tobin's q. CSR akan diukur dengan menggunakan skala nominal berdasarkan data ISRA. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antar variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan CSR terhadap kinerja keuangan. Akan tetapi, tidak terdapat hubungan langsung yang menunjukkan bahwa CSR bukan merupakan variabel intervening dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 05/13 Zah a
Uncontrolled Keywords: managerial ownership, institutional ownership, independent commissioners, corporate governance, CSR, financial performance.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
KHOIRI DATUS ZAHRO, 040913145UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjiptohadi Sawarjuwono, Prof. Drs., M.Ec., Ph.D., Ak., CPAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 02:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item