Eko Teguh Pribadi, 090710274 M (2009) PEMANFAATAN SMS PADA SELULER SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PERUBAHAN SIKAP REMAJA MENGENAI ABORSI (STUDI DI SMP NEGERI 26 SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-pribadieko-12167-tkm020-k.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2010-pribadieko-11399-tkm020-p.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam bidang promosi kesehatan, fitur SMS (Short Messaging Service) yang terdapat pada teknologi seluler dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai media program promosi kesehatan alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan SMS sebagai media promosi kesehatan, dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan sikap remaja terkait masalah aborsi. Ini merupakan studi eksperimental semu dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan rancangan randomized pretest posttest dengan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Juni s/d juli 2009 terhadap 30 responden kelompok eksperimen dengan intervensi (SMPN 26 Surabaya) dan 30 responden kelompok kontrol tanpa intervensi (SMPN 20 Surabaya). Sebagai bentuk intervensi adalah pemberian informasi aborsi yang didesain dan dikirimkan melalui fasilitas SMS pada handphone yang dimiliki oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada ke dua variabel baik variabel pengetahuan (38,9%) maupun variabel sikap (6,6%) untuk kelompok eksperimen. Sedangkan untuk kelompok kontrol peningkatan hanya terdapat pada variabel pengetahuan (1,6%), dan menunjukkan penurunan pada variabel sikap (1,1%). Hal ini berarti penggunaan media SMS terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan, namun kurang efektif dalam mempengaruhi perubahan sikap responden terkait aborsi. Untuk memperkuat hasil penelitian ini, dibutuhkan kajian ulang melalui studi-studi sejenis menggunakan materi informasi kesehatan yang lain dan pada sasaran yang berbeda.
Actions (login required)
View Item |