DESAIN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SOEDONO MADIUN

URIP PURWANI, 041142047 (2014) DESAIN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SOEDONO MADIUN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-purwaniuri-30461-4.abst-k.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-purwaniuri-30461-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedono Madiun (RSUD dr. Soedono Madiun) sebagai rumah sakit milik Pemerintah Jawa Timur. Dalam implementasinya pengukuran kinerja pada RSUD dr. Soedono Madiun pada saat ini belum mampu dalam menghubungkan strategi jangka panjang dengan kegiatan operasional organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategy maps, Key performance Indicator (KPI) dalam konsep balanced scorecard untuk memetakan masingmasing isu strategis ke dalam empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menelaah faktor-faktor penting dalam penyusunan desain balanced scorecard. Sumber data diperoleh dari studi kepustakaan, dokumentasi dan hasil wawancara dengan pejabat struktural RSUD dr. Soedono Madiun. Penyusunan desain balanced scorecard dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah Nine Step to Success, Framework for Building and Implementing a Balanced Scorecard (Rohm 2003) Berdasarkan hasil penelitian diketahui RSUD dr. Soedono Madiun memiliki isu strategis perspektif Pelanggan yaitu peningkatan kepuasan pelanggan dan peningkatan jumlah pasien. Perspektif Bisnis Internal, yaitu peningkatan mutu pelayanan yang berkualitas, cepat, ramah dan profesional, peningkatan pelayanan administrasi peningkatan pemeliharaan fasilitas rumah sakit sesuai standar. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, yaitu peningkatan kapabilitas tenaga, peningkatan fasilitas rumah sakit dan peningkatn kesejahteraan karyawan. Perspektif keuangan yaitu peningkatan kemandirian rumah sakit dan pengaturan biaya operasional. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada RSUD dr. Soedono Madiun dalam desain balanced scorecard, strategy maps dan Key Performance Indicator (KPI).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA. 13/14 Pur d
Uncontrolled Keywords: Strategy Maps, Balanced Scorecard, Key performace Indicator (KPI)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
URIP PURWANI, 041142047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndry Irwanto, Dr., MBA., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 30 Aug 2016 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item