KUKUH WIBOWO, 031141026 (2014) PRINSIP TANGGUNG GUGAT PRODUK DALAM PROSES PEMBUKTIAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BPSK (BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-wibowokuku-32449-4.abstr-k.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-wibowokuku-32449-full text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul prinsip tanggung gugat produk dalam proses pembuktian penyelesaian sengketa konsumen melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) ini termasuk penelitian yuridis normatif, dengan metode statute approach, conceptual approach dan case approach. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah kriteria suatu produk dinyatakan cacat apabila produk tersebut tidak memenuhi tujuan pembuatannya baik karena kesengajaan maupun kealpaan dari pelaku usaha (Producent).Adanya unsur kesalahan ataupun kelalaian manakala pelaku usaha yang digugat gagal menunjukan bahwa ia cukup berhati-hati dalam membuat, mengawasi, memperbaiki, memasang label atau mendistribusikan suatu barang. Penerapan prinsip tanggung gugat kesalahan (Schuld Aansprakelijkheid) karena adanya perbuatan melawan hukum. Proses pembuktian tanggung gugat produk melalui BPSK belum memenuhi harapan dari masyarakat karena kasus pelanggaran hak konsumen yang diselesaikan oleh BPSK dalam kategori relatif kecil, meskipun pada prinsipnya BPSK dalam menerapkan sistem beban pembuktian didasarkan atas Pasal 28 UUPK dimana banyak kasus sengketa konsumen dalam KUH Perdata tidak dapat diselesaikan melalui BPSK khususnya tentang Tanggung gugat Resiko (Risico Aansprakelijkheid), namun karena sengketa konsumen nilainya dalam praktik sangat kecil dalam bentuk kerugiannya, sehingga yang digunakan dalam pembuktian didasarkan atas itikad baik dari pelaku usaha.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TH. 36/14 Wib p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Liability, Consumer disputes, Burden of proof | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8073-8079.35 Investigation of crimes. Examination and identification of prisoners K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence |
||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 2015 | ||||||
Last Modified: | 26 Aug 2016 03:33 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38756 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |