Sensualitas Dalam Iklan Parfum: Sebuah Analisis Multimodalitas di Majalah Cosmopolitan dan Cosmopolitan Men Indonesia

JATRIFIA ONGGA SINATRYA, 121214153019 (2014) Sensualitas Dalam Iklan Parfum: Sebuah Analisis Multimodalitas di Majalah Cosmopolitan dan Cosmopolitan Men Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-sinatryaja-34053-6.abstr-k.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-sinatryaja-34053-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sensualitas dalam iklan selalu menjadi topik hangat untuk dibicarakan juga untuk diteliti. Tujuan pengiklan menggunakan sensualitas dalam iklan mereka adalah untuk menarik perhatian banyak konsumen, namun mereka tidak sadar bahwa sensualitas dalam iklan juga membawa pesan-pesan tertentu yang mengubah budaya dan nilai sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menganalisa sensualitas dalam iklan, berfokus pada penelitian kualitatif dan analisa isi menggunakan teori multimodalitas sebagai acuan. Penelitian ini berfokus pada iklan parfum yang terbit di majalah Cosmopolitan dan Cosmopolitan Men Indonesia edisi Juni, September, Desember 2013 dan Maret 2014. Hasil analisis data menunjukkan bahwa iklan parfum di majalah Cosmopolitan dan Cosmopolitan Men Indonesia menggunakan analisis teori multimodalitas menunjukkan adanya sensualitas dan unsur seksualitas. Penggunaan model perempuan di dalam iklan parfum untuk perempuan bertujuan untuk mengajak para perempuan Indonesia agar berubah seperti model-model barat yang ada di dalam iklan parfum di majalah Cosmopolitan Indonesia dan mengubah standar kecantikan perempuan Indonesia, misalnya dari kulit sawo matang berubah menjadi berkulit putih. Iklan saat ini tidak hanya menggunakan perempuan sebagai obyeknya namun juga laki-laki. Konsumen laki-laki tak lagi malu berimajinasi tentang model pria di dalam iklan parfum, dan menginginkan badan seperti mereka, lalu lahirlah imaji erotis laki-laki. Pergeseran budaya pun terjadi,iklan-iklan parfum di majalah Cosmopolitan dan Cosmopolitan Men membawa modernisasi di budaya Indonesia dimana sensuaitas dan seksualitas bukan lagi sesuatu yang tabu untuk perempuan dan laki-laki Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TKSB. 12-14 Sin s
Uncontrolled Keywords: Sensuality, sexuality, perfume advertisements, Cosmopolitan Indonesia and Cosmopolitan Men Indonesia magazine.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3625-3649 Food. Drugs. Cosmetics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
JATRIFIA ONGGA SINATRYA, 121214153019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Ariani Arimbi, S.S., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorNur Wulan, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 12 Jun 2017 18:10
Last Modified: 12 Jun 2017 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39009
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item