Muhammad Muhtadin Kholil (2015) Dinamika Komunikasi Politik Di Kaskus Pada Periode Kampanye Pemilihan Presiden 5 Juni – 5 Juli 2014 (Studi Pada Aktifitas Kaskuser Di Forum Pencapresan Joko Widodo). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (771kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (603kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (625kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (719kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III RERANGKA KONSEPTUAL.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (617kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemilihan umum (pemilu) merupakan suatu syarat dalam sistem demokrasi. Pada pemilihan presiden (pilpres) ke tujuh tahun 2014, mulai banyak penggunaan media jejaring sosial seperti facebook, twitter, whatsapps, blackberry messengers, dan forum diskusi Kaskus sebagai alat komunikasi yang efektif dalam menggalang dukungan massa. Dalam waktu yang relatif singkat, media sosial dapat mengumpulkan banyak pengikut. Penggunaan media sosial oleh para relawan dan pendukung tidak hanya sebagai alat mempromosikan para calon presiden/wakil presiden, namun juga melakukan kampanye hitam (black campaign) dan kampanye negatif (negative campaign) untuk menyerang dan menjatuhkan pasangan rival. Dinamika komunitas jejaring sosial memiliki karakteristik yang cair, kebebasan individu yang sangat besar, dapat digunakan oleh siapa saja dan kepentingan apa saja. Ekspresi di jejaring sosial Kaskus interaktif dan sangat beragam. Kaskus sarat akan dinamika (gerak) kekuatan yang dapat menimbulkan perubahan di tata kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinamika komunikasi politik pendukung Joko Widodo di Kaskus pada periode kampanye pemilihan presiden 5 Juni � 5 Juli 2014. Metode penelitian metode kualitatif dengan pendekatan content analysis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil yang didapatkan di media sosial hanya dapat menumbuhkan kepercayaan pemilih tetapi bukan sebagai penentu kemenangan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSM. 24-15 Kho d | ||||||
Uncontrolled Keywords: | social media, kaskus, dynamic, campaign, kaskuser | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | ||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2016 03:42 | ||||||
Last Modified: | 25 May 2020 12:27 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39618 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |