PENGARUH KARAKTERISTIK PERSONAL TERHADAP MENTAL BUDGET DAN TABUNGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI RUMAH TANGGA PADA KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

JUMRIAH, 041324253007 (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PERSONAL TERHADAP MENTAL BUDGET DAN TABUNGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI RUMAH TANGGA PADA KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
144. 39755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melalui dua pendekatan yang saling melengkapi yaitu kuantitaf dan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara karakteristik personal (self-control, preferensi berhutang, propensity to plan) terhadap mental budget dan tabungan keluarga di dalam rumah tangga. Berdasarkan hasil survei dengan sampel sebanyak 112 orang ibu rumah tangga yang menjalankan praktik akuntansi rumah tangga di kecamatan tambaksari surabaya, dapat diketahui bahwa karakteristik personal yang berpengaruh terhadap mental budget dan tabungan keluarga adalah propensity to plan. Hal ini disebabkan adanya kesadaran dari ibu rumah tangga untuk merancang perencanaan keuangan dalam rangka mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Propensity to plan membantu mengelola sumberdaya keuangan yang terbatas secara maksimal. Semakin tinggi propensity to plan yang dimiliki individu akan meningkatkan mental budget dan tabungan keluarga, dimana propensity to plan dapat mencegah terjadinya pemborosan sehingga menciptakan kondisi keuangan yang lebih sehat, teratur dan terarah. Individu/keluarga yang menjalankan praktik akuntansi rumah tangga lebih cenderung untuk melaksanakan propensity to plan karena akan meningkatkan kesejahteraannya. Akuntansi rumah tangga yang diterapkan di dalam lingkungan keluarga merupakan suatu sistem rancangan yang akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.44/16 Jum p
Uncontrolled Keywords: Karakteristik personal, mental budget, tabungan keluarga, akuntansi rumah tangga
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG179 Personal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
JUMRIAH, 041324253007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedianingsih, Dr. , S.E., M. Si., AkUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 11 Jul 2016 05:40
Last Modified: 15 Jun 2017 16:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39755
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item