KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN GURAMI COKLAT (Sphaerichthys osphromenoides) PADA SUHU YANG BERBEDA

CINDY YUANITA AZIS, 141111139 (2016) KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN GURAMI COKLAT (Sphaerichthys osphromenoides) PADA SUHU YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.40-16 Azi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gurami coklat (Sphaerichthys osphromenoides) merupakan salah satu ikan hias air tawar komoditas ekspor dan merupakan ikan asli dari Kalimantan dan Sumatera. Selama ini produksi ikan gurami coklat hanya mengandalkan hasil tangkap alam, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan gurami cokelat (Sphaerichthys osphromenoides) pada suhu yang berbeda agar populasi ikan gurami coklat tidak mengalami kepunahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suhu yang optimum untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan gurami coklat (Sphaerichthys osphromenoides). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari tiga perlakuan (24±1oC, 27±1oC dan 30±1oC) dan tiga ulangan denganjumlah ikan uji sebanyak 15 ekor setiap perlakuan. Parameter utama adalah suhu dan parameter penunjang adalah DO, pH, ammonia dan nitrit. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu optimum untuk pemeliharaan gurame coklat adalah 27±1oC. Suhu sangat berpengaruh terhadap tingkat kelangsunganhidup dan pertumbuhan ikan gurame coklat. Perubahan suhu yang ekstrim dapat menyebabkan kematian ikan. Suhu juga berpengaruh terhadap proses kimia, fisika dan biologi dalam perairan. Perubahan suhu pada suatu perairan akan mengakibatkan berubahnya semua proses di dalam perairan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.40/16 Azi k
Uncontrolled Keywords: IKAN GURAMI COKLAT (Sphaerichthys osphromenoides)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
CINDY YUANITA AZIS, 141111139UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi., M.P.UNSPECIFIED
Thesis advisorMelta Rini Fahmi, Dr., S.Pi., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:47
Last Modified: 27 Jul 2016 06:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item