PRODUCT KNOWLEDGE WAITER (Studi Deskriptif Tentang Pelatihan Product Knowledge Bagi Waiter/ss Di Kafe Suoklat Surabaya Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Mengoptimalkan Pelayanan)

Dina Ariyanti, 071310213090 (2016) PRODUCT KNOWLEDGE WAITER (Studi Deskriptif Tentang Pelatihan Product Knowledge Bagi Waiter/ss Di Kafe Suoklat Surabaya Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Mengoptimalkan Pelayanan). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.PW.38-16 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Product knowledge merupakan hal terpenting yang harus dipertahankan dalam menjaga kualitas kenyamanan customer. Para karyawan atau waiter harus benar-benar ahli sebagaimana staf-staf yang lain khususnya dalam hal pengetahuan produk. Agar operasional kafe tetap berjalan seperti biasanya, diperlukan upaya untuk menjaga kestabilan jumlah pengunjung atau customer melalui kualitas pelayanan, yaitu mempertahankan pengetahuan mengenai produk terutama bagi waiter. Fungsi product knowledge bagi waiter adalah agar waiter lebih mengetahui tentang produk kafe atau restaurant, sehingga bisa memberikan penjelasan kepada customer apabila dibutuhkan. Dalam hal ini memberikan asumsi kepada customer agar tidak ragu dalam memesan produk kafe yang dijual. Kemampuan waiter mengenai product knowledge memberikan tingkat kepercayaan diri bagi waiter. Sebab dengan memiliki product knowledge, waiter dengan lancar dapat memberikan penjelasan kepada customer dan customer sendiri juga tidak memiliki keraguan sama sekali ketika akan memesan suatu product. Penulis mengangkat tema tentang product knowledge waiter untuk mengetahui apakah pelatihan yang dilakukan pihak manajemen kafe Suoklat dapat mengoptimalkan pelayanan. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif. Oleh sebab itu penulis menggunakan wawancara terstruktur sebagai data primer, observasi terbuka dan dokumen pribadi untuk memperoleh kejadian nyata tentang situasi social. Hasil dari penelitian ini nantinya adalah untuk mengetahui apakah pelatihan yang dilakukan oleh pihak manajemen dapat mengoptimalkan pelayanan di kafe Suoklat Surabaya. Selama penelitian penulis mendapatkan informasi yang berbeda-beda mengenai pelatihan yang diberikan kepada waiters oleh manajemen di kafe Suoklat Surabaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.38/16 Ari p
Uncontrolled Keywords: Product Knowledge; Waiter; Kafe Suoklat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Dina Ariyanti, 071310213090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S. Sos.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Jul 2016 06:35
Last Modified: 29 Jul 2016 06:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item