PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI PRA-PUBERTAS (Studi di SDN Pacarkembang 1/192, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya)

INDAH LUTFIYA, 101211131017 (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI PRA-PUBERTAS (Studi di SDN Pacarkembang 1/192, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
300. 39995-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesiapan menarche merupakan hal yang harus dimiliki remaja putri prapubertas. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, usia menarche mengalami penurunan. Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah remaja terbanyak di Provinsi Jawa Timur, khususnya di SDN Pacarkembang 1/192, Kecamatan Tambaksari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesiapan menarche pada remaja putri prapubertas. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan desain studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswi kelas IV dan V SD dengan besar sampel 55 siswi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Kesiapan menarche merupakan variabel terikat dalam penelitian ini. Sedangkan variabel bebas adalah pola asuh orang tua. Variabel perancu adalah tingkat pengetahuan dan jumlah sumber informasi. Penelitian ini menggunakan uji regresi logistik. Pengambilan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara dan membagikan kuesioner kepada responden. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dinas Pendidikan Kota Surabaya, SDN Pacarkembang 1/192 dan Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua tidak berpengaruh terhadap kesiapan menarche pada remaja putri pra-pubertas (p=0,887), namun, tingkat pengetahuan berpengaruh (p= 0,012). Tingkat pengetahuan mendukung kesiapan menarche, tetapi rata-rata tingkat pengetahuan remaja putri masih rendah. Mayoritas remaja putri pra-pubertas dididik dengan pola asuh otoritatif dan dinyatakan siap dalam menghadapi menarche. Mayoritas remaja putri prapubertas mendapatkan dua sumber informasi tentang menarche dan keluarga merupakan sumber informasi utama bagi mereka. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi pihak Bapemas KB Kota Surabaya dan Dinas Kesehatan untuk meningkatkan kinerja program Bina Keluarga Remaja (BKR) di setiap kelurahan Kota Surabaya. Pihak Bapemas dan KB disarankan memperluas sekolah binaan untuk pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Pihak sekolah disarankan memberikan materi keputrian pada siswi kelas IV dan V SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.122/16 Lut p
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pola Asuh Orang Tua, Kesiapan Menarche
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INDAH LUTFIYA, 101211131017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Jul 2016 06:47
Last Modified: 18 Jun 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item