FARIDA AYU WARDHANI, 101211131025 (2016) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH PADA IBU BEKERJA (Studi di Pos PAUD Terpadu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (FULLTEXT)
327. 40029-ilovepdf-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
328. 40029-abstark-ilovepdf-compressed.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan anak usia prasekolah tidak selalu berkembang sesuai tahapan usianya. Ada beberapa diantaranya yang mengalami gangguan seperti keterlambatan perkembangan motorik anak dan perkembangan bahasa apabila tidak mendapatkan stimulus optimal dari lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia prasekolah pada ibu bekerja. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 50 anak usia prasekolah. Subyek diambil dengan cara simple random sampling. Wawancara dan observasi dilakukan untuk mendapatkan data primer tentang variabel-variabel yang diteliti. Variable bebas dalam penelitian ini adalah karakteristik dan peran ibu, karakteristik dan peran ayah, karakteristik dan peran pengasuh, karakteristik dan peran teman sebaya, karakteristik dan peran sarana bermain. Anak usia prasekolah dengan perkembangan kurang optimal yang ditemukan pada penelitian ini sebesar 28%. Berdasarkan analisis statistik menggunakan uji regresi logistik ada dua variabel yang berpengaruh terhadap perkembangan anak usia prasekolah pada ibu bekerja, yaitu peran ibu (p= 0,0007; OR= 0,014) dan peran sarana bermain (p= 0,000; OR=.0,006). Kesimpulan yang dapat diambil adalah anak yang tidak mendapatkan peran stimulus optimal dari ibu dan sarana bermain berisiko lbih tinggi mengalami perkembangan yang kurang optimal.
Actions (login required)
View Item |