UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BHAKTI RAHAYU SURABAYA BERDASARKAN PLANNING MATRIX

IKA AVRIANTI, 101311123030 (2016) UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BHAKTI RAHAYU SURABAYA BERDASARKAN PLANNING MATRIX. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRACT.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.156-16 Avr u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Unit rawat inap Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Surabaya sebagai salah satu potential revenue center bagi rumah sakit diharapkan dapat mampu mendukung peningkatan pendapatan rumah sakit. Namun, masih banyak terdapat masalah seperti penurunan angka BOR setiap tahunnya dan masih banyaknya keluhan dari pasien yang ditujukan terhadap pihak manajemen melalui kotak keluhan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Surabaya berdasarkan planning matrix. Penelitian dilaksanakan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Surabaya dengan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan waktu cross sectional terhadap 80 responden yang mewakili pasien rawat inap yang diambil dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada reponden dengan menggunakan variable yang terdiri dari karakteristik individu, tingkat kepentingan responden, kepuasan responden. Dalam planning matrix terdiri dari importance to customer, customer satisfaction perfomrnace, goal, improvement ratio, sales point, raw weight, normalized raw weight, dan cummulative raw weight. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel kemudian disusun dalam tabel completed planning matrix. Pengolahan data dan informasi menghasilkan isu strategis yang digunakan sebagai landasan dalam upaya penyusunan rekomendasi dalam peningkatan mutu pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Surabaya dengan nilai Normalized Raw Weight sebesar 6,92 yang artinya belum memenuhi standar pelayanan yang baik sehingga pelaksanaan pelayanan tersebut perlu upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan terutama pada aspek fisik dan sumberdaya manusia, dimana hal tersebut merupakan prioritas kebutuhan pasien. Terdapat 16 rekomendasi dari tujuh atribut pelayanan rawat inap yang disusun berdasarkan hasil temuan penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan mutu pelayanan rawat inap dengan memfokuskan pada perbaikan serta peningkatan kualitas internal yaitu pada aspek fisik ruang rawat inap serta sumberdaya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.156/16 Avr u
Uncontrolled Keywords: BOR, Planning matrix, Unit Rawat Inap
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
IKA AVRIANTI, 101311123030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:34
Last Modified: 03 Aug 2016 06:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item