ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA POKOK PRODUK MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN TARIF RUANG PERAWATAN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA

ADITYA GALIH NUSANTARA, 041211323006 (2016) ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA POKOK PRODUK MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN TARIF RUANG PERAWATAN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A.214-16 Nus a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Kebutuhan akan layanan rumah sakit yang bermutu dengan fasilitas yang termutakhir seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, membuat setiap rumah sakit perlu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.Bagi pihak rumah sakit sendiri perhitungan biaya yang jelas dan akurat dapat digunakan acuan untuk menentukan tarif.Penekanan pada biaya yang dikonsumsi dapat membuat tarif yang lebih rendah, sehingga dapat diperoleh laba yang optimal.Perhitungan dan pembebanan biaya yang sesunggahnya digunakan dan akurat mutlak dibutuhkan untuk menetapkan tarif pelayanan rumah sakit yang dapat bersaing. berdasarkan klasifikasi objeknya biaya dapat dibedakan menjadi langsung dan tidak langsung.Biaya langsung dapat diidentifikasi kepada objeknya secara langsung sedangkan biaya tidak langsung tidak dapat diidentifikasi kepada objeknya secara langsung. Biaya overhead digunakan bersama-sama untuk menghasilkan berbagai macam kegiatan operasional rumah sakit. Untuk menentukan besar biaya overhead guna dibebankan pada masing-masing kegiatan operasional rumah sakit, karena tidak bisa dibebankan secara langsung pada objek yang terkait. Penggunakan metode Activity Based Costingbiaya dibebankan pada masing masing pemicu biayanya. Sehingga perhitungan biaya pokok produk lebih akurat. Perhitungan biaya pokok produksi menggunakan metode tradisional terlihat perbedaan yang material. Karena pada metode tradisional biaya hanya dibebankan pada hari perawatan sehingga terjadi distorsi dalam pembebanan biayanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.214/16 Nus a
Uncontrolled Keywords: Tarif Rumah Sakit, Biaya Pokok, Activity Based Costing
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA GALIH NUSANTARA, 041211323006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Prasetyo, SE., MM., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:50
Last Modified: 11 Aug 2016 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41129
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item