MANAJEMEN KONFLIK PASANGAN SUAMI-ISTRI Pekerjaan Istri Sebagai Penyanyi Night Club dan Suami Bekerja Diluar Bidang Entertainment

HANIF NURANI, 071211533025 (2016) MANAJEMEN KONFLIK PASANGAN SUAMI-ISTRI Pekerjaan Istri Sebagai Penyanyi Night Club dan Suami Bekerja Diluar Bidang Entertainment. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.36-16 Nur m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada startegi manajemen konflik pasangan suami-istri pada istri yang bekerja sebagai penyanyi night club dan suami bekerja diluar bidang entertainment. Terkait permasalahan diatas, peneliti menganalisis strategi manajemen konflik yang dipakai dalam penyelesaian bentuk konflik yang sering terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif. Pendekatan yang digunakan adalah purposive sampling yang dilakukan pada lima pasang suami-istri dalam istri yang bekerja sebagai penyanyi night club sementara suami bekerja di luar bidang entertainment. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada dua pemahaman teori utama. Teori pertama yang digunakan ialah teori komunikasi interpersonal mengenai conflict management strategies interpersonal communication dan style of conflict dari Joseph A.Devito. Lalu teori kedua mengenai konflik interpersonal commited romantic relationship, manajemen konflik komunikasi interpersonal antar pasangan, dan penyesuaian konflik pada pasangan yang bekerja dari Julia T Wood. Konflik yang sering muncul pada pasangan suami-istri tersebut ialah konflik dari pihak eksternal, konflik karakter masing-masing, konflik masalah anak, dan konflik pekerjaan istri yang bekerja sebagai penyanyi night club dan suami bekerja diluar bidang entertertainment.Yang diselesaikan dengan strategi manajemen konflik diantara lain, konflik yang dipicu dari pihak eksternal, strategi manajemen konflik yang digunakan cenderung avoidance dan talk strategies yang dikombinasi dengan diam. Konflik masalah karakter masing-masing dimana perbedaan pemikiran antar pasangan cenderung diselesaikan dengan cara avoidance. Konflik masalah anak, cenderung diselesaikan dengan talk dan argumentativeness strategies. Konflik masalah pekerjaan sebagai penyanyi night club dan suami bekerja diluar bidang entertainment yang cenderung menggunakan face destracting, avoidance, talk, dan argumentativeness strategies. Alternatif strategi lain yang dipakai diantara lain force, face enchahing, dan avoidance dalam perihal pasangan yang sama-sama melakukan perselingkuhan. Didalam penelitian ini pekerjaan sebagai penyanyi night club dinilai memiliki stigma negatif yang tinggi, yang erat kaitannya terhadap pergaulan bebas, pola hidup tidak sehat, dan perilaku seks bebas, selain itu penemuan adanya penggunaan strategi lose-lose dalam pasangan yang sama-sama berselingkuh namun tidak mengambil keputusan untuk berpisah dan masih ingin mempertahankan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.36/16 Nur m
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, pasangan suami-istri, strategi manajemen konflik,penyanyi night club.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HANIF NURANI, 071211533025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Ilahati, S.Sos., M.Med-komUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:20
Last Modified: 26 Aug 2016 08:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41235
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item