ANALISIS FRAMING BERITA KETERLAMBATAN (DELAY) PESAWAT LION AIR SELAMA 48 JAM DI WEBSITE KOMPAS.COM DAN DETIK.COM

Anindya Natadewi, 071211531022 (2016) ANALISIS FRAMING BERITA KETERLAMBATAN (DELAY) PESAWAT LION AIR SELAMA 48 JAM DI WEBSITE KOMPAS.COM DAN DETIK.COM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FIS.K.41-16 Nat a-HLMN DEPAN.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.41-16 Nat a FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada framing pemberitaan keterlambatan (delay) pesawat Lion Air selama 48 jam di website kompas.com dan detik.com. Analisis dilakukan pada pemberitaan tanggal 18 Februari 2015 (saat peristiwa terjadi) hingga tanggal 23 Februari (saat keadaan dinyatakan normal). Pemberitaan mengenai keterlambatan (delay) pesawat Lion Air Selama 48 Jam dipilih karena pemberitaan tersebut menjadi public interest, disamping itu Lion Air merupakan maskapai yang dimiliki oleh salah satu Anggota Wantimpres periode 2014-2019 yaitu Rusdi Kirana. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana peristiwa tersebut diberitakan pada website kompas.com oleh Kompas Gramedia milik Jakob Oetama dan detik.com oleh Trans Corpora milik Chairul Tanjung. Penelitian ini menggunakan metode framing Pan & Kosicki untuk menganalisis pemberitaan keterlambatan (delay) pesawat Lion Air selama 48 jam. Penelitian ini menggunakan teori media online dan konstruksi realitas, agenda setting, ekonomi politik media dan framing media. Hasil dari penelitian ini adalah kompas.com memiliki kecenderungan berpihak kepada publik sedangkan detik.com cenderung berpihak kepada Lion Air. Judul dan lead, fakta yang dihadirkan, peletakan tema, kelengkapan unsur berita, narasumber yang dipilih, dan yang lainnya yang digunakan oleh masing-masing media menghasilkan framing yang berbeda. Kompas.com milik Jakob Oetama dengan ideologi yang mengikuti aturan dan kaedah jurnalistik cenderung menyajikan berita dengan bingkai berpihak kepada publik dan disajikan dengan memenuhi informasi 5W+1H. Sedangkan detik.com milik Chairul Tanjung dengan ideologi politik media cenderung menyajikan berita dengan bingkai yang cenderung memihak Lion Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.41/16 Nat a
Uncontrolled Keywords: Framing, Delay, Media Online, Lion Air
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Anindya Natadewi, 071211531022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:47
Last Modified: 06 Jun 2017 19:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item