MITOS IDENTITAS REMAJA DALAM RUBRIK FASHION DI MAJALAH (Analisis Semiotik Identitas Remaja Laki-Laki dan Perempuan di Majalah Hai dan Gadis)

NEFFI NURINAPRAJA, 071211531002 (2016) MITOS IDENTITAS REMAJA DALAM RUBRIK FASHION DI MAJALAH (Analisis Semiotik Identitas Remaja Laki-Laki dan Perempuan di Majalah Hai dan Gadis). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FIS.K.55-16 Nur m HLMN DPN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.55-16 Nur m FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIS.K.55-16 Nur m DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan menguraikan gambaran-gambaran fesyen yang dikonstruksi dalam majalah Hai dan Gadis sehingga memunculkan identitas. Identitas yang akan dibahas adalah identitas remaja laki-laki dan perempuan. Media yang dipilih peneliti dalam pembahasan ini adalah dua majalah remaja di Indonesia yaitu majalah Hai dan majalah Gadis. Majalah dipilih karena termasuk dalam komunikasi massa yang mampu menyampaikan pesan kepada khalayak secara detail. Majalah Hai dan Gadis yang dipilih berada pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk melihat secara luas identitas yang dikonstruksi. Sehingga didapatkan rumusan masalah bagaimana mitos identitas remaja laki-laki dan perempuan diartikulasikan melalui rubrik fashion pada majalah Hai dan Gadis di tahun 2016. Studi ini berpengaruh dalam penambahan kajian cultural studies dan fashion as communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti dapat memaparkan identitas remaja laki-laki dan remaja perempuan melalui fesyen di majalah Hai dan Gadis. Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah metode analisis tekstual dalam bentuk semiotik. Teori yang digunakan adalah fashion sebagai komunikasi, fashion, identitas, dan budaya, teori perkembangan psikologi remaja, dan analisis semiotik. Barthes membuat pembedaan pesan menjadi tiga yaitu linguistic message, non-coded iconic message, dan coded iconic message. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini adalah bahwa majalah Hai berusaha mengkonstruksi identitas maskulin, sedangkan majalah Gadis berusaha mengkonstruksi identitas feminin dan maskulin feminin. Selain itu majalah juga mampu membentuk global style, consumer society, gaya hidup, dan kelas sosial melalui simbol-simbol dalam rubrik fesyen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.55/16 Nur m
Uncontrolled Keywords: Fashion, Cultural Studies, Mitos, Identitas, Remaja, Majalah
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NEFFI NURINAPRAJA, 071211531002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med-komUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:13
Last Modified: 23 Jul 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item