Makna Sertifikasi Bagi Guru (Study Deskriptif pada Guru-guru di SMPN 2 Gurah Kabupaten Kediri)

Mohammad Irsyad Fahlawy, 071211432013 (2016) Makna Sertifikasi Bagi Guru (Study Deskriptif pada Guru-guru di SMPN 2 Gurah Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.49-16 Fah m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari tidak berdampaknya progam sertifikasi guru yang telah berjalan lebih dari satu dekade. Progam sertifikasi guru yang seharusnya mengarah untuk pengingkatan profesionalitas malah diarahkan untuk peningkatan perekonomian guru yang salah satunya membuat guru semakin konsumtif. Hal ini juga didukung keadaan dari pemerintah yang terkesan tidak serius dalam mengelola progam ini dalam hal pengingkatan mutu. Dengan keadaan tersebut peneliti berpandangan tempat paling ideal untuk melakukan penelitian dalam hal disfungsi progam sertifikasi adalah di temapat yang memang sangat membutuhkan peningkatan mutu dari guru. Disfungsi progam sertifikasi secara langsung mempengaruhi profesionalitas para guru yang cenderung stagnan dan tidak meningkat sama sekali. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengungkapkan makna social tentang sertifikasi bagi para guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe definisi sosial serta pendekatan fenomenologi yang dalam proses pencarian datanya menggunakan wawancara secara mendalam, serta dokumentasi untuk mendukung penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Gurah Kabupaten Kediri yang merupakan salah satu sekolah pinggiran di daerah tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan teori analisis fungsional dari Robert K Merton serta teori profesionalisme dari Richard Hall. Hasil dari penelitian ini adalah para guru lebih memaknai sertifikasi sebagai progam peningkatan kesejahteraan dari pada tujuan aslinya yaitu meningkatkan profesionalitas guru. Dalam memandang profesionalitas para guru menganggap progam sertifikasi belum berdampak sama sekali dalam peningkatan mutu profesionalnya. Penelitian ini berkesimpulan bahwa disfungsi progam sertifikasi guru benar-benar telah terjadi dan progam ini melenceng jauh dari tujuan utamanya yaitu peningkatan profesionalitas guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.49/16 Fah m
Uncontrolled Keywords: Sertifikat Kompetensi, Guru, Profesionalitas, Disfungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB1771-1773 Certification of teachers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Mohammad Irsyad Fahlawy, 071211432013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuti Budirahayu, Dr., Dra, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:45
Last Modified: 30 Aug 2016 09:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item