EVALUASI SISTEM OTOMASI I-SEKOLAH OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 10 SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Kualitas Sistem Otomasi I-Sekolah oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Surabaya Berdasarkan Model End User Computing Satisfaction)

Dina Anggraeni Ningrum, 071211633037 (2016) EVALUASI SISTEM OTOMASI I-SEKOLAH OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 10 SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Kualitas Sistem Otomasi I-Sekolah oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Surabaya Berdasarkan Model End User Computing Satisfaction). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.31-16 Nin e-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Katalog merupakan sarana utama bagi pengguna untuk melakukan penelusuran informasi di perpustakaan. Katalog online atau lebih dikenal dengan OPAC (Online Public Access Catalogue) merupakan alih media katalog manual ke dalam bentuk katalog digital yang digunakan sebagai sarana penyimpanan dan penelusuran kembali data-data koleksi yang terdaftar di perpustakaan. Online Public Access Catalogue (OPAC) sudah banyak diterapkan di semua perpustakaan, seperti perpustakaan internasional, perpustakaan nasional, perpustakaan umum, dan perpustakaan perguruan tinggi, namun OPAC masih jarang diterapkan di perpustakaan sekolah. Namun, di Surabaya saat ini telah menerapkan lintas sekolah atau yang lebih dikenal dengan isekolah. Isekolah merupakan sistem otomasi terintegrasi dari beberapa sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Airlangga untuk memudahkan penggunanya dalam temu kembali informasi. Penelitian ini ingin mengetahui gambaran kualitas sistem otomasi isekolah oleh siswa SMKN 10 Surabaya yang dilihat dari lima model dari teori End User Computing Satisfaction (EUCS) yaitu dimensi isi (content), dimensi keakuratan (accuracy), dimensi bentuk (format), dimensi kemudahan penggunaan (ease of use) dan dimensi ketepatan waktu (timeliness). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode systematic random sampling. Jumlah responden yang diambil sebesar 100 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMKN 10 Surabaya secara keseluruhan puas memanfaatkan isekolah yang dilihat dari banyaknya variabel yang memiliki kategori skor tinggi. Dari kelima variabel End User Computing Satisfaction (EUCS) hampir semua variabel memiliki nilai skor dengan kategori tinggi. Dimensi isi(content) dengan besar skor 3,83, dimensi akurat (accuracy) dengan skor 3,71, dimensi bentuk (format) dengan skor 3,75, dimensi kemudahan penggunaan (ease of use) dengan besar skor 3,8, dimensi ketepatan waktu (timeliness) dengan besar skor 3,78.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.31/16 Nin e
Uncontrolled Keywords: Opac, Isekolah, End User Computing Satisfaction
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.75-76.765 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Dina Anggraeni Ningrum, 071211633037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim, S.Si.,M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:07
Last Modified: 08 Jun 2017 20:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item