PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP SHOPPING ENJOYMENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP UNPLANNED BUYING KONSUMEN SOGO DEPARTMENT STORE, TUNJUNGAN PLAZA, SURABAYA

GRACE YOLANDA, 040318010 (2009) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP SHOPPING ENJOYMENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP UNPLANNED BUYING KONSUMEN SOGO DEPARTMENT STORE, TUNJUNGAN PLAZA, SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yolandagra-16835-abstrak-p.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yolandagra-14174-b13910-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya interaksi antara manusia (konsumen) dengan objek (atmosfer toko). Interaksi ini dapat menciptakan perasaan yang positif dengan maksud untuk merangsang konsumen agar lebih lama berada dalam toko dan diharapkan mampu mendorong timbulnya unplanned buying. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antar variabel dalam penelitian yaitu untuk mengetahui variabel X (store atmosphere) terhadap variabel Z (shopping enjoyment) dan pengaruh langsung variabel Z (shopping enjoyment) terhadap variabel Y (unplanned buying) konsumen Sogo Department Store Tunjungan Plaza, Surabaya. Pendekatan kuantitatif dipakai dalam penelitian yang menekankan pada pengujian hipotesis dan pengukuran terhadap variabel secara statistik. Responden dalam penelitian ini berjumlah 122 orang berusia minimal 17 tahun (dewasa) yang memiliki tempat tinggal di Surabaya dan sudah pernah belanja di Sogo Department Store Tunjungan Plaza, Surabaya. Metode pengambilan sampel secara nonprobability dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu convenience sampling yang dilakukan dengan cara memilih responden dewasa yang pada saat penelitian dilakukan sedang berada atau berbelanja di Sogo Department Store Tunjungan Plaza, Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan daftar pertanyaan (kuesioner) kepada responden secara langsung. Teknik analisis datanya memakai path analysis dan dibantu oleh software Amos 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua hipotesis dapat diterima secara statistik sehingga dapat disimpulkan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh yang signifikan terhadap shopping enjoyment dan shopping enjoyment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap unplanned buying konsumen Sogo Department Store Tunjungan Plaza, Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 139/10 Yol p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
GRACE YOLANDA, 040318010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI GUNAWAN, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 22 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item