KELLY YULIET WONG, 040610340 (2009) PENGARUH SIFAT IMPULSIVITAS DAN LINGKUNGAN TOKO TERHADAP PEMBELIAN IMPULS PADA INDOMARET CABANG GUBENG AIRLANGGA DAN TOKO KELONTONG “CAHAYA” DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wongkellyy-16879-abstrak-p.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
4158.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelian impuls merupakan suatu konsep yang sudah ada lebih dari 50 tahun yang lalu. Kecenderungan konsumen membeli secara impuls ini sudah mengakar menjadi kepribadian seseorang dan menjadi perbedaan individu yang satu dengan individu yang lain. Sifat impulsivitas yang melekat pada tiap diri individu tersebut merupakan faktor bawaan dari lahir. Namun impulse buying bisa juga dikarenakan faktor lingkungan toko, sebab lingkungan toko yang nyaman akan dapat memberikan emosi positif bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, penelitian ini juga menjembatani kedua perspektif tersebut dengan menggunakan perspektif ketiga yakni interaksionisme. Interaksionisme adalah bagaimana aspek perbedaan individu dan lingkungan eksternal diakomodasi bersama-sama dalam mempengaruhi pembelian impuls. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sifat impulsivitas terhadap pembelian impuls, pengaruh lingkungan toko terhadap pembelian impuls, dan menguji interaksi antara sifat impulsivitas dan lingkungan toko terhadap pembelian impuls. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui survei menggunakan kuesioner dengan metode pengambilan sampel store intercept yaitu meminta kesediaan konsumen yang telah selesai berbelanja untuk mengisi kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitikberatkan pada uji hipotesis dengan memakai teknik analisis uji beda dan regresi linier sederhana untuk pengujian hipotesis pertama, uji beda dan regresi linier berganda pada hipotesis kedua, dan one way ANOVA pada pengujian hipotesis ketiga. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 14.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa sifat impulsivitas berpengaruh terhadap pembelian impuls pada pengujian hipotesis pertama. Semakin impulsif seorang konsumen, semakin besar pembelian impuls yang dilakukan. Pada pengujian hipotesis kedua, lingkungan toko berpengaruh terhadap pembelian impuls. Semakin nyaman lingkungan toko, semakin besar pembelian impuls. Pada pengujian hipotesis ketiga, terbukti sifat impulsivitas dan lingkungan toko berinteraksi mempengaruhi pembelian impuls.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 73/10 Won p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2017 21:00 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4158 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |