EVALUASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI ALAT PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PT. PELNI

RICARDO BANDHASO, 040214418 (2010) EVALUASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI ALAT PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PT. PELNI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-bandhasori-16980-abstrak-e.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-bandhasori-14253-a41810-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa globalisasi yang berlangsung saat ini sering terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat, pesat, dan serentak. Hal ini menuntut perusahaan untuk bertindak secara cepat, dalam mengantisipasi keadaan yang sedang terjadi. Lingkungan bisnis yang memiliki karakteristik perubahan seperti itu menyebabkan perusahaan untuk bersikap lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan perubahan supaya perusahaan tersebut mampu untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya atau bahkan mampu berkembang pada masa-masa sulit seperti saat ini. Persaingan global diwarnai oleh kompetisi dimana perusahaan yang memiliki kinerja yang baik akan mendesak keluar perusahaan yang memiliki kinerja yang buruk. Jaminan agar perusahaan dapat mencapai kinerja yang efektif dan efisien, maka perusahaan harus memiliki sistem informasi yang memadai. PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Sebagai perusahaan dengan skala nasional tentu pihak manajemennya membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu mereka. Hal tersebut melatar-belakangi penulis untuk meneliti penggunaan sistem informasi pemasaran di perusahaan ini sebagai pertimbangan dalam manajemen mengambil suatu keputusan pemasaran untuk perusahaan agar dapat lebih meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi pemasaran pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia apakah telah memadai dalam memberikan informasi bagi pihak manajemen yang nantinya akan digunakan dalam pengambilan keputusan. Analisis data dalam skripsi dilakukan dengan cara penjodohan pola, yaitu menentukan pola yang dijadikan acuan untuk mencari data yang diperlukan. Pola yang dijadikan acuan dugunakan untuk mengetahui apakah sistem informasi pemasaran telah dapat memenuhi kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan manajer. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa sistem informasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. PELNI yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan manajemen terutama di marketing planning yaitu perencanaan produk, harga, tempat, promosi, dan bauran terintegrasi secara keseluruhan telah memadai, dimana jumlah keseluruhan informasi yang aktual lebih besar dari nilai yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 418/10 Ban e
Uncontrolled Keywords: MARKETING MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RICARDO BANDHASO, 040214418UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorISNALITA, Dra.M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 23 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item