PENGARUH PERSEPSI ATAS INTENSITAS PERSAINGAN TERHADAP IKLIMIMOTIF SOSIAL ORGANISASI

MURDIANTI DEWI, Dra. Ak (2014) PENGARUH PERSEPSI ATAS INTENSITAS PERSAINGAN TERHADAP IKLIMIMOTIF SOSIAL ORGANISASI. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-dewimurdia-31495-4.ringk-n(2).pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder35.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu dimensi lingkungan ekstemal yang saat ini tengah menjadi the name of the game adalah persaingan yang mendorong organisasi untuk secara terus-menerus rnengembangkan strategi dan kompetensinya untuk memenangkan persaingan atau sekurang-kurangnya mempertahanJcan pasar yang sudah dikuasainya. Karena bedanya kebutuhan untuk beradaptasi sebagai akibat dari berbedanya kondisi lingkungan yang dihadapi serta kapasitas organisasi yang tersedia, organisasi dalam snatu Iingkungan tertentu akan mengembangkan karakteristiknya masing-masing dalam berfikir, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan bekerja sesuai dengan tuntutan lingkungannya masing-masing. Sebab, keragaman organisasi merupakan perbedaan yang terjadi pada aspek kognisi dan orientasi emosi organisasi, dcpartemen scrta fungsi yang berbcda Salah satu karakteristik organisasi yang dipengaruhi oleh perbedaan lingkungan yang dihadapi adalah iklim organisasi yang salah satunya dapat dilihat dari orientasinya atas nilai dan atau motif sosial organisasi. Masalahnya, adakah berbedaan karakteristik iklim organisasi (dilihat dari orientasi pada nilai-nilai serta motif sosial) yang disebabkan olch adanya pcrhedaan persepsi alas intensitas persaingan yang dihadapi organisasilperusahaan? Penelitian ini ditujukan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan: mengidentifikasi intensitas persaingan iklim organisasi dalam hal orientasinya terhadap kebutuhan/motif sosial organisasi; mengidentifikasi pengaruh antara karakteritik tersebut serta mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan karakteristik iklim organisasi dalam hal orientasinya terhadap kebutuhan sosial organisasi yang disebabkan oleh adanya perbedaan karakteritik persepsi atas intensitas persaingan. Untuk maksud tersebut rancangan penelitian ini melibatkan variabel dependen dan variabel independen yakni (persepsi atas) intensitas persaingan khususnya dalam hal rivalry dengan dimensi harga, promosi, kualitas, keunikan, produk substitusi, intelejen dan kemudahan untuk berpindah perusahaan. Sedangkan variabel dependen adalah iklim yang dikembangkan berdasarkan orientasi pada nilai serta motif yang dengan dimensi yakni prestasi, persahabatan dan kekuasaan yang dielaborasi berdasarkan konsep motif sosial McClelland.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 658 Pen
Uncontrolled Keywords: Perilaku organisasi
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
MURDIANTI DEWI, Dra. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Last Modified: 27 Sep 2016 14:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item