Toufan Widhi Hatmoko, 049916332 (2007) PENGARUH PENILAIAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PRODUK PEMBERSIH WAJAH POND'S DAN KESESUAIAN PRODUK PERLUASAN TERHADAP NIAT BELI MELALUI SIKAP PELANGGAN PADA PRODUK PERLUASAN MEREK POND'S DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hatmokotou-8938-b3808-k.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (fulltext)
4417.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keuntungan memakai merek yang sudah diterima konsumen antara lain perusahaan bisa mengurangi biaya promosi untuk mengenalkan produk baru ke target market karena konsumen sudah familiar dan mengetahui reputasi dari merek tersebut (belief). Karena itu merek yang digunakan untuk kategori baru, haruslah merek yang telah teruji kualitas produknya oleh konsumen (quality), dengan begitu konsumen tidak akan membutuhkan wak-tu yang lama untuk menerima produk kategori baru yang menggunakan merek sama. Jika tingkat kepercayaan (belief) yang dimiliki konsumen sesuai dengan manfaat yang didapatkan konsumen pada sebuah merek, konsumen akan menilai merek tersebut secara positif (favorable). Penilaian positif terhadap sebuah merek inilah yang akan mengarahkan konsumen pada niat untuk membeli sebuah merek (intention to buy). Dalam hal ini penggunaan nama merek Pond's untuk produk perluasan. Untuk itu dapat dilihat apakah ada pengaruh dari penilaian pelanggan atas kualitas pembersih wajah pond's (quality) dan kesesuaian antara produk perluasan merek pond's dengan pembersih wajah pond's (fit) terhadap niat beli (intention to buy) melalui sikap konsumen pada produk kosmetik perluasan merek Pond's. Fenomena inilah yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian. Pengukuran yang dilakukan menggunakan berganda dengan dua tahap, dengan perumusan, niat beli melalui sikap pada produk kosmetik baru = a + b1 (Quality Variabel) + b2 (Complement Variabel) + b3 (Transfer Variabel). Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisa regresi linier berganda dengan dua tahap diketahui bahwa nilai koefisien regresi dari masing-masing variabel bebas adalah positif menunjukkan adanya hubungan yang searah antara variabel quality, (X1), complement (X2). transfer (X3) dengan variabel terikat niat beli (Y) melalui variabel intervening sikap (Z) pada produk peluasan merek Pond's pada kasus di atas , atau dengan kata lain semakin tinggi penilaian pelanggan terhadap variabel quality, complement dan transfer semakin tinggi pula niat beli pelanggan melalui sikap atas produk perluasan merek Pond's di Surabaya. Hasil uji hipotesis melalui uji F menyatakan bahwa variabel quality dan fit (complement & transfer) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli produk baru melalui sikap pelanggan pada produk perluasan merek Ponds. Hasil uji hipotesis melalui uji t menyatakan bahwa variabel bebas quality (X,) dan kesesuaian suatu perluasan (fit) dengan variabel bebas complement (X2) dan transfer (X3) secara parsial berpengaruh secara siginifikan terhadap niat beli pelanggan pada produk perluasan merek Ponds di Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 38/08 Hat p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; QUALITY OF PRODUCTS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2017 01:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4417 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |