MOTIVASI TERBENTUKNYA DAN KOMITMEN ANGGOTA PADA KOMUNITAS VIRTUAL MACINTOSH CLUB INDONESIA

Paradiella, Adiel, NIM. 040418559 (2008) MOTIVASI TERBENTUKNYA DAN KOMITMEN ANGGOTA PADA KOMUNITAS VIRTUAL MACINTOSH CLUB INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-paradiella-8609-b21008-k.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4462.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena komunitas merek yang berkembang di dunia internet atau virtual akhir-akhir ini semakin marak dan hal ini dapat didayagunakan bagi pemasar produk. terutama bagi produk yang berkaitan dengan teknologi. Bila komunitas virtual diimplementasikan dalam strategi pemasaran, maka dapat berpotensi menimbulkan efek exponensial dalam menyebar luaskan kegiatan pemasaran. Salah satu komunitas merek virtual yang berbasis bahasa Indonesia adalah komunitas Mac Club Indonesia (MCI). Penelitian ini menggunakan teknik in-depth interview yang dikonfirmasi dan diperkuat dengan metode content analysis. Metode ini dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan insight para responden mengenai proses pembentukan komunitas virtual MCI dan komitmen anggota pada komunitas tersebut. Hasil dari in-depth interview pada anggota komunitas virtual MCI yang pertama adalah motivasi terbentuknya komunitas yang berawal dari kesamaan preferensi atas Macintosh, kesulitan teknis yang dihadapi, dan kesamaan karena menjadi minoritas. Kedua adalah moderator dalam komunitas virtual MCI berperan sebagai pemberi ijin (approval) dan referensi (reference). Ketiga adalah anggota memiliki beberapa motivasi (alasan) berbeda untuk mengikuti komunitas virtual MCI. Keempat adalah dampak keikutsertaan anggota dalam komunitas virtual MCI terhadap para anggota adalah loyalitas tinggi terhadap merk Macintosh dan persepsi kualitas Macintosh yang lebih baik. Kelima adalah anggota komunitas menerima manfaat fungsional dan manfaat sosial (functional usefulness dan social usefulness) melalui komunitas virtual MCI sehingga membuat anggota bersedia membentuk komitmen. Hal ini dikonfirmasi dengan metode content analysis pada forum diskusi MCI yang hasilnya adalah 81% tulisan membahas mengenai manfaat fungsional dan 19% sisanya membahas mengenai manfaat sosial. Terakhir adalah anggota komunitas virtual MCI melakukan posting secara kontinyu dan melakukan pertemuan rutin sebagai wujud komitmen pada komunitas virtual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 210/08 Par m
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE MOTIVATION; CORPORATE CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Paradiella, Adiel, NIM. 040418559UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Feb 2009 12:00
Last Modified: 07 Jul 2017 00:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4462
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item