NGATMIN, 111414253035 (2016) PENGARUH GAYA PENGASUHAN DEMOKRATIS DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Tpsi.16-16 Nga p.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya pengasuhan demokratis dan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini berdasarkan teori gaya pengasuhan dari Baumrind, teori dukungan sosial dari Sarafino dan teori kebutuhan berprestasi dari McClelland. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI pada salah satu SMA di wilayah Surabaya Barat berjumlah 269 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik quota sampling dan cluster random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 20 for windows. Berdasarkan analisis regresi variabel gaya pengasuhan demokratis dengan motivasi berprestasi diperoleh t hitung 4,119 > t tabel 1,969 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti gaya pengasuhan demokratis berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi, sedangkan variabel dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi diperoleh t hitung 1,309 < t tabel 1,969 dan nilai signifikansi 0,192 > 0,05. Hal ini berarti secara parsial variabel dukungan sosial teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi. Berdasarkan analisis regresi variabel gaya pengasuhan demokratis dan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi diperoleh nilai F hitung 15,634 > F tabel 3,029 dan R squere sebesar 0,105 Hal ini berarti secara simultan gaya pengasuhan demokratis dan dukungan sosial teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi dan sebesar 10,5% variabel gaya pengasuhan demokratis dan dukungan sosial teman sebaya berpengaruh terhadap variabel motivasi berprestasi, sedangkan 89,5% dijelaskan oleh faktor lain.
Actions (login required)
View Item |