PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA TRANSPORTASI GO-JEK

Astrid Aulia Rachman, 031211131004 (2016) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA TRANSPORTASI GO-JEK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 173-16 Rac p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jasa transportasi semakin berkembang dalam kehidupan masyarakat modern Indonesia seiring dengan perkembangan di bidang telekomunikasi. Maraknya jasa transportasi secara online melaui smartphone atau handphone memudahkan masyarakat sebagai konsumen dalam mendapatkan pelayanan jasa transportasi yang dapat dilakukan secara online untuk menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat modern dalam melakukan kegiatan beraktifitas. Contoh dari jasa transportasi secara online ini adalah GO-JEK, Uber Taxi, Grab Bike, Grab Taxi. Berkembangnya jasa transportasi secara online tersebut memang sangat bermanfaat bagi masyarakat ditengah permasalahan kurang memadainya transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah. Permasalahan yang muncul adalah belum adanya regulasi yang mengatur berkaitan dengan perlindungan hukum bagi konsumen jasa pengguna transportasi secara online apabila terjadi sesuatu yang merugikan pihak konsumen atas kesalahan atau kelalaian dari pihak pengemudi ataupun dari pihak pelaku usaha penyedia jasa aplikasi, dan adanya beberapa kasus terjadinya pelanggaran terhadap hak-hak konsumen sesuai dengan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Perlindungan hukum bagi konsumen harus ditegakkan. Untuk itu perlu peran serta pemerintah sebagai regulator dalam memfasilitasi masyarakat dengan adanya regulasi mengatur jasa transportasi secara online tersebut, dengan begitu masyarakat juga yang akan diuntungkan dan hak-haknya terlindungi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 173-16 Rac p
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban pidana, pornografi anak, korbannya anak
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Astrid Aulia Rachman, 031211131004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGianto Al Imron, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:30
Last Modified: 03 Apr 2018 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45295
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item