EVENT SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA (Studi Deskriptif tentang Event International Tour de Banyuwangi Ijen sebagai Sarana Promosi Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi)

Nadya Imaniar, 071310213071 (2016) EVENT SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA (Studi Deskriptif tentang Event International Tour de Banyuwangi Ijen sebagai Sarana Promosi Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah Kabupaten telah menyadari potensi wisatanya yang ada. Banyak objek wisata alam dan budaya yang disuguhkan oleh Banyuwangi . Kini juga terus berusaha mempromosikan kekayaan pariwisata ke dalam event. Sejak lima tahun belakangan event International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) digelar. Balap sepeda internasional ini sebagai sarana promosi pariwisata Banyuwangi. Melalui kegiatan yang digelar setiap satu kali dalam setahun tersebut, diharapkan meningkatkan pariwisata di Banyuwangi khususnya kunjungan masyarakat internasional yang mengikuti pertandingan balap sepeda di Banyuwangi. Kegiatan ITdBI merupakan event yang memadukan kegiatan olahraga balap sepeda dengan wisata (sport tourism). Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang event sebagai sarana promosi pariwisata di Kabupaten Banyuwangi dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena metode ini dianggap lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan secara langsung. Kemudian peneliti juga menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan mendeskriptifkan suatu keadaan, peristiwa dan segala sesuatu yang terkait dengan objek penelitian. Disini menjelaskan apakah event ITdBI dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Banyuwangi. Lokasi yang dituju penulis yaitu Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi dan objek-objek wisata yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event tersebut. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi dan wisatawan yang mengunjungi objek wisata yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event tersebut serta dukungan data dokumen untuk melengkapi data gambar yang berkaitan dengan event ITdBI sebagai sarana promosi pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event ITdBI sebagai sarana promosi pariwisata yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Banyuwangi secara signifikan. Penyelenggaraan event ITdBI dengan rute balapan yang melalui beberapa objek wisata baru di Kabupaten Banyuwangi, serta lewat event ini juga memperkenalkan kesenian asli Banyuwangi. ITdBI memiliki keunggulan dalam jalur yaitu tanjakan dilereng Gunung Ijen yang mempunyai tantangan tersendiri bahkan tanjakan terbaik di Asia yang merupakan ikon dalam event. Selain itu potensi wisata di Gunung Ijen yang membuat ingin kembali ke Banyuwangi sebagai peserta lomba balap sepeda maupun sebagai wisatawan bersama keluarganya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.PW.53/16 Ima e
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Event, Promosi, Banyuwangi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Nadya Imaniar, 071310213071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suriani, S.Sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2016 21:11
Last Modified: 02 Jul 2019 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45402
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item