SITI BADIATHUS SOLIKHAH, 040016924
(2004)
ANALISIS RELEVANT COST SEBAGAI AlAT BANTU MANAJEMEN
DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI ATAU MEMPROSES
SENDIRI KOMPONEN PRODUK EKSPOR (Studi Kasus pada PT. "x" ).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Salah satu fungsi penting manajemen adalah pengambilan keputusan, dimana fungsi ini akan selalu ada pada fungsi-fungsi manajemen lainnya. Proses pengambilan keputusan adalah proses pemilihan satu alternatif di antara alternatif-alternatif yang tersedia, Oleh karena itu, manajemen membutuhkan informasi yang relevan, memadai, akurat dan tepat waktu dalam melakukan analisis yang akan menghasilkan alternatif yang paling menguntungkan. Salah satu teknik analisis yang dapat digunakan adalah analisis relevant cost untuk pengambilan keputusan tingkat taktis, seperti pengambilan keputusan untuk membuat (memproses) sendiri komponen produk atau membelinya.
Langkah manajemen untuk mengambil tindakan atau keputusan merupakan respon terhadap permasalahan atau kesempatan yang diperkirakan akan terjadi atau sedang terjadi. Begitu pula dengan manajemen PT."X" yang menghadapi suatu permasalahan berupa keputusan untuk memproses sendiri komponen ukir hias lengkung atau membelinya dari pemasok. Dalam mencari penyelesaian atas permasalahan yang dihadapi pemsahaan. penulis menggunakan analisis relevant cost sebagai alat bantu, yaitu dengan menghitung biaya-biaya yang akan dikeluarkan bila memproses sendiri dan biaya untuk membeli dan pemasok kemudian dicari biaya yang differential di antara keduanya. Kemudian masing-masing unsur dibandingkan jumlah totalnya. Dengan demikian akan diketahui jumlah penghematan yang diperoleh perusahaan apabila salah satu a1ternatif dipilih.
Actions (login required)
|
View Item |