KESALAHAN PENERAPAN TATA CARA RESERVASI TIKET PERUSAHAAN PENERBANGAN

WIWIN ANDRIA (2004) KESALAHAN PENERAPAN TATA CARA RESERVASI TIKET PERUSAHAAN PENERBANGAN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS 33-05 AND K.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri pariwisata merupakan suatu usaha yang sangat diperhatikan oleh pemerintah Indonesia karena dapat menghasilkan devisa negara yang cukup banyak. Sebenarnya Industri panwisala bersifal heterogen dan banyak sekali macamnya. Secara garis, besar industri Panwisata dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu pengangkutan, akomodasi serta obyek dan daya tank wisata. Di Indonesia usaha pengangkutan transpMasi sangat maju pesat, terntama pada lJansportasi udara. Hal ini didukung oleh meningkatuya pennintaan pengguna jasa transportasi yang menginginkan penganglmtan yang bersifat cepat efisien dan pelayanan yang memuaskan. schingga banyak sekali perusahaan perusahaan penerbangan yang bermunculan untuk mengadakan bisnis transportasi udara. Salah satu perusahaan penerbangan swasta yang ada di Indonesia adalah Batavia Air. Perusahaan Penerbangan Batavia Air menawarkan produknya yaitu penyediaan tiket dengan berbagai route domestik dan internasional. Dalam menjual produknya, Batavia Air menggunakan suatu proses yang dinamakan dengan reservasi. Proses reservasi ini Sangat perlu diperhatikan karena merupakan ujung tombak penjualan tiket penerbangan. Dalam proses reservasi, pernsahaan ini menggunakan sistem reservasi yaitu sabre on-line. Dari awal berdirinya perusahaan ini sampai sekarang masih sering terjadi kesalahan dalam proses reservasi misalnya mengenai kesalahan dalam mengisi tiket, double booking. serta terjadinya over booking. Kesalahan -kesalahan yang tetjadi dalam proses reservasi tersebut akan sangat merugikan penumpang dan fihak Batavia Air sendiri. Maka dari itu Batavia Air terus berusaha untuk menangani kesalahan proses reservasi tersebut seperti memberikan sanksi kepada karyawan yang melakukan kesalahan dan membuat peraturan baru mengenai proses reservasi dengan cara mengadakan pembenahan dari peraturan reservasi terdabulu agar tidak tcrjadi kesalallan yang sama dalam proses reservasi tiket di Batavia Air. Setelah dilakukan penelitian, ternyata usaha yang dilakukan Batavia Air tersebut dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam proses reservasi tiket. Dan usaha -usaha yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan dalam sistem reservasinya maka hasilnya akan dapat menjadikan kepuaS!lIl kepada konsumen sehingga konsumen akan meningkat dan akan menjadikan perusahaan penerbangan Batavia Air Jebih maju.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS 33-05 And k
Uncontrolled Keywords: AIRLINE - RESERVATION
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
WIWIN ANDRIANIM070010724-S
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Nov 2016 18:28
Last Modified: 05 Dec 2017 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item